YouTube Kids Mendapat Kecaman dari FTC

Beberapa kelompok yang memiliki kepedulian terhadap anak mendatangi kantor FTC (federal trade commission). Mereka mengecam saluran YouTube Kids yang baru diliuncurkan bulan Februari kemarin. Mereka kesal atas tindakan Google yang memperbolehkan menayangkan iklan pada YouTube Kids. Mereka juga menuduh Google telah melakukan kecurangan dan praktek penipuan terhadap konsumen.

Permasalahan utamanya adalah mencampurkan program video di Youtube Kids dengan iklan. Mereka berpendapat bahwa iklan tersebut seharusnya tidak ditonton oleh anak-anak. Bahkan iklan pada Youtube Kids tidak layak untuk ditampilkan. Inilah yang disebut oleh Center of Digital Democracy sebagai bentuk kecurangan dan pelanggaran.

Tindakan ini mungkin ada benarnya. Mengingat usia YouTube Kids yang baru sebulan. Sehingga lebih mudah untuk dipantau jika terjadi pelanggaran. YouTube Kids sendiri baru bisa diaplikasikan pada Android dan iOS. Oleh karena itu, saluran YouTube khusus anak-anak ini diyakini akan membantu perkembangan anak.

Karena penggunaannya yang lebih mudah dan lebih aman daripada YouTube biasanya. Pada saluran YouTube ini terdapat ikon bimbingan orangtua. Artinya orangtua seharusnya mendampingi anaknya ketika menggunakan saluran ini melalui smartphone. YouTube Kids juga dilengkapi dengan pencarian suara. Sehingga memudahkan bagi anak-anak dalam menemukan konten video yang dicari. Selain itu juga terdapat ikon besar dengan warna cerah, yang memudahkan anak-anak untuk memainkan video.

Mencampurkan program dengan advertise pada YouTube Kids memang tidak dibenarkan. Karena anak-anak tidak seperti orang dewasa. Mereka masih belum bisa berpikir secara kognitif, mana konten yang boleh dan tidak boleh ditonton. YouTube Kids sudah selayaknya mendapat teguran, bahkan kecaman. Oleh karenanya, pihak Google dan YouTube sendiri harus lebih selektif dalam menayangkan iklan. Karena saat ini dan seterusnya, pihak-pihak penuntut masih akan memantau perkembangan YouTube Kids ini. Bisa dikatakan bahwa saluran YouTube Kids adalah masih dalam tahap percobaan.

Sumber : asia.pcmag

DON'T MISS

Tulis Komentar