Home » Tech News » WhatsApp Terpopuler Di Dunia, BBM Terpopuler Hanya Di Indonesia

WhatsApp Terpopuler Di Dunia, BBM Terpopuler Hanya Di Indonesia

whatsapp-versus-bbm-peta-dunia
Peta Aplikasi Messaging Dunia (Gambar : Digital Vision)

JATIMTECH.com – Aplikasi messaging adalah sebuah aplikasi yang tersedia di smartphone untuk keperluan berkirim pesan dan fitur lainnya. Sebuah survei dilakukan Digital Vision terhadap pengguna aplikasi messaging di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ternyata, aplikasi WhatsApp adalah terpopuler di dunia. Sementara di Indonesia, BBM masih menguasai netizen di Indonesia, seperti dilansir dari Android Community (29/5/2016).

Lebih dari setengah dari negara-negara menggunakan aplikasi messaging WhatsApp. Setidaknya, itulah hasil penelitian yang dilakukan oleh Digital Vision. Di mana mereka menganalisis data Android dari 187 negara. Dari seluruh penduduk di dunia, hanya 55,6% yang menggunakan aplikasi messaging.

Facebook Messenger berada di posisi kedua setelah WhatsApp. Dominasi aplikasi Cina jelas jika sobat melihat map color-coding seluruh dunia untuk aplikasi. Sobat bisa melihat pada peta jika aplikasi WhatsApp yang berwarna hijau mendominasi gambar peta. Sementara aplikasi lain seakan sebagai penggembira, kecuali aplikasi Facebook Messenger.

Negara-negara seperti Brazil, Rusia, India, Meksiko, ditambah banyak negara di Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Afrika ditandai warna hijau untuk WhatsApp. Mereka adalah nomor satu di 109 negara, sementara Messenger dari Facebook hanya 49 negara. Facebook Messenger rupanya menjadi dominan di Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Aplikasi terpopuler ketiga adalah Viber, tapi itu hanya dominan di sekitar 10 negara. Terutama di Eropa Timur, termasuk Belarus, Moldova, dan Ukraina. Walaupun demikian, negara-negara Asia lainnya seperti Sri Lanka, Irak, dan Libya juga menggunakan aplikasi ini.

Di Jepang, LINE adalah yang paling populer. Orang Jepang menggunakan LINE lebih dari 40 menit setiap hari. WeChat masih aplikasi berbagi pesan terpopuler di Cina. Dengan banyaknya pengguna WeChat di negara ini, dapat mengklaim angka yang akan menjadi iri semua aplikasi lain dalam daftar. Aplikasi lain dalam penelitian ini meliputi Telegram, KakaoTalk (Korea Selatan), Imo (Kuba), Zalo (Vietnam), ChatOn (Eritrea), dan BBM (Indonesia).

Sebuah fakta mengejutkan tentang BBM dan Indonesia. Sepertinya, keduanya memiliki chemistry yang tak terpisahkan. Mungkin sobat tidak terkejut jika BBM merupakan aplikasi messaging terpopuler di Indonesia, namun tidak untuk negara lain. BBM sudah tidak lagi digunakan ataupun terinstal di smartphone Android atau smartphone lainnya.

Di Indonesia, BBM adalah raja aplikasi messaging terpopuler (catat, hanya di Indonesia). Berdasarkan hasil survei, pengguna BBM di Indonesia mencapai 87,5% dari semua pengguna smartphone Android yang terinstal. Masyarakat Indonesia seperti dimanjakan dengan fitur-fitur yang ada di BBM. Kebanyakan dari mereka sering mengganti status BBM dan DP BBM. Seperti DP BBM lucu, DP BBM bergerak, DP BBM sedih, dan lainnya.

Have your say!

0 0