Tech News

Ingin Cari Video Ekstrimis di YouTube? Hati-hati

JATIMTECH.com –¬†Mengingat jika memang setiap orang atau setiap pengguna bisa mengunggah video ke YouTube dengan mudah, terkadang, banyak yang memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan niat jahat, seperti mengunggah video berbau p*rnografi, video yang melanggar hak cipta, hingga konten yang ekstrimis.

Akan tetapi, kemungkinan besar YouTube akan mengantisipasinya di masa yang akan datang jika ada pengguna yang mencari video ekstremisme di YouTube, kemungkinan pencarian tersebut akan dialihkan ke daftar putar anti-terorisme.

Baca juga : 3 Titik Fokus Google untuk Mengembangkan YouTube di Indonesia

Ini sendiri merupakan salah satu bagian dari The Redirect Method, yang mana menjadi salah satu bagian sekaligus rencana dari Google untuk mencoba dan menghentikan ideologi ekstremis di seluruh platform miliknya.

Seperti yang dilansir dari laman Tubefilter, Sabtu, 22 Juli 2017, YouTube akan mencoba untuk memperluas fitur penting ini yang mana akan mencakup kueri penelusuran yang lebih baik lagi dalam bahasa lain, jadi tak hanya bahasa Inggris saja. Tidak hanya itu saja, sistem juga akan selalu “dirakit” untuk memperbarui istilah kueri penelusuran secara dinamis terhadap tren penelusuran terkini.

Artikel terkait : Fitur Baru YouTube ‘Double-tap Gesture’, Untuk Apa?

Sementara itu, YouTube sendiri akan bekerja sama dengan NGO (Non-Governmental Organization) untuk membantu mengembangkan segala bentuk konten baru yang akan melawan “pesan ekstrim yang keras di berbagai bagian corong radikalisasi”.