Home » Tech News » Urutan Android Berdasarkan Abjad (Versi Android)

Urutan Android Berdasarkan Abjad (Versi Android)

Android Nougat
Android Nougat

Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang memang dirancang guna perangkat smartphone dan tablet.

Pada awalnya, Android ini dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang selanjutnya dibeli pada tahun 2005.

Secara resmi, sistem operasi ini dirilis pada tahun 2007, yang bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan perangkat keras, perangkat lunak dan telekomunikasi yang memang memiliki tujuan guna memajukan standar terbuka perangkat seluler.

Untuk smartphone Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008. Android menjadi salah satu bentuk sistem operasi dengan sumber terbuka (open source) dan Google merilis kodenya di bawah lisensi Apache.

Tabel Urutan Android Dari Awal

[table id=2 /]

Urutan Android (Versi Nama Android)

1. Android 1.0

Android 1.0, versi komersial paling pertama Android yang dirilis pada tanggal 23 September 2008. Perangkat Android pertama yang tersedia secara komersial ini ialah HTC Dream.

Fitur :

  1. Android Market
  2. Penjelajah web
  3. Dukungan kamera
  4. Memungkinkan untuk mengelompokkan sejumlah ikon aplikasi ke dalam 1 folder di homescreen
  5. Akses ke server surel web, yang mendukung juga POP3, IMAP4 dan SMTP
  6. Sinkronisasi Gmail dengan aplikasi Gmail
  7. Sinkronisasi Google Contacts dengan aplikasi People
  8. Sinkronisasi Google Calendar dengan aplikasi Calendar
  9. Google Maps
  10. Google Sync
  11. Google Search
  12. Google Talk
  13. Pesan instan
  14. Pemutar media
  15. Notifikasi yang muncul pada status bar
  16. Voice Dialer
  17. Wallpaper
  18. Pemutar video YouTube
  19. Aplikasi lain seperti, jam alarm, kalkulator, homescreen, panggilan, pengaturan dan galeri
  20. Dukungan Wi-Fi dan Bluetooth

2. Android 1.1

Pada tanggal 9 Februari 2009, pemutakhiran Android 1.1 berhasil dirilis, yang pada awalnya hanya untuk HTC Dream.

Android 1.1 ini juga bisa dikenal dengan nama “Petit Four” walaupun memang nama ini sendiri tak digunakan secara resmi. Versi terbaru ini memperbaiki beberapa bug yang ada, mengubah API Android dan beberapa fitur baru.

Fitur :

  1. Rincian dan tinjauan yang tersedia di saat pengguna sedang mencari lokasi bisnis yang ada di Peta
  2. Kemampuan dalam menampilkan atau menyembunyikan tombol panggilan
  3. Kemampuan dalam menyimpan lampiran pada pesan
  4. Menambah dukungan marquee pada tata ruang sistem

3. Android 1.5 Cupcake

Android 1.5 Cupcake ini menjadi versi Android ketiga yang berhasil dikembangkan oleh Google. Rilis platform pertama pada handset di bulan Mei 2009.

Di dalam Android 1.5 Cupcake ini tersedia beragam fitur baru seperti contohnya keyboard di layar dan dukungan Bluetooth, serta perbaikan terhadap fitur yang ada seperti perubahan UI dalam manajemen aplikasi di beberapa aplikasi Google.

4. Android 1.6 Donut

Android 1.6 Donut merupakan versi sistem operasi Android open source yang dikembangkan oleh Google, yang mana pada saat ini sudah tak lagi didukung.

Diantara fitur yang lebih menonjol yang diperkenalkan dengan pembaharuan ini yang ditambahkan dukungan untuk smartphone CDMA, indikator penggunaan layar, hingga mesin text-to-speech.

5. Android 2.0-2.1 Eclair

Android 2.0-2.1 Eclair ini merupakan versi yang telah dihentikan dukungannya dalam sistem operasi smartphone Android yang telah dikembangkan oleh Google.

Diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2009, Android Eclair ini sendiri dibangun berdasar perubahan signifikan yang terjadi yang mana sudah dibuat sebelumnya oleh Android 1.6 Donut.

2 tambahan utama di dalam Eclair ini mendukung komunikasi jarak dekat (NFC) dan inisiasi sesi protokol (SIP).

6. Android 2.2-2.2.3 Froyo

Android Froyo ini mencakup versi antara 2.2 dan 2.2.3. Versi ini sudah tak lagi didukung dan telah diresmikan pada tanggal 20 Mei 2010, selama konferensi Google I/O 2010.

Salah satu perubahan yang terbilang cukup menonjol di dalam Android Froyo ini ialah dengan adanya USB tethering dan Wi-Fi Hotspot. Perubahan lainnya seperti C2DM.

Statistik yang dikeluarkan pada tanggal 9 Januari 2016 oleh Google menunjukkan jika kurang dari 0,1% perangkat Android yang mengakses Google Play itu masih ada yang menjalankan Android Froyo, yang berarti penggunannya sudah tak lagi ada alias sudah jarang.

7. Android 2.3-2.3.7 Gingerbread

Android Gingerbread ini juga versinya sudah dihentikan dukungan dari sistem operasi smartphone Android yang telah dirilis pada bulan Desember 2010.

Antarmuka bagi pengguna Gingebread ini sudah disempurnakan dengan berbagai macam cara, sehingga jauh lebih mudah dalam menguasainya, dalam menggunakan bisa lebih cepat dan lebih hemat daya.

Smartphone Nexus S, yang dirilis pada tahun 2010 menjadi salah satu smartphone pertama di lini Google Nexus yang sudah menjalankan sistem operasi ini yang juga sudah terpasang NFC.

8. Android 3.0-3.2.6 Honeycomb

Android Honeycomb ini merupakan versi yang sudah dihentikan dukungannya dari platform Android yang mana dirancang untuk perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar, terutama pada tablet.

Selain dari adanya penambahan fitur baru, Honeycomb memperkenalkan dengan apa yang disebut tema antarmuka pengguna “hologram” yang baru dengan model interaksi yang telah dibangun di dalam fitur utama Android, contohnya seperti multitasking, pemberitahuan, hingga widget.

9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android Ice Cream Sandwich ini merupakan versi Android mobile operating system yang dikembangkan oleh Google dan dirilis pada tanggal 18 Oktober 2011.

Android 4.0 ini dibuat dengan menyederhanakan dan memodernisasi semua pengalaman menggunakan Android dari sebuah set baru dalam human interfaces guidlines.

Yang paling menonjol di dalam versi ini ialah sudah support pengenalan wajah untuk membuka kunci atau yang dinamakan dengan face unlock, membatasi penggunaan mobile data dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Android 4.1-4.3 Jelly Bean

Versi dari Android Jelly Bean pada saat ini sudah tak lagi didukung.

Fokus dari versi ini ialah dalam peningkatan kinerja yang dirancang dalam memberikan sistem operasi dengan nuansa yang lebih halus, lebih responsif, dengan penyempurnaan sistem notifikasi yang memungkinkan notifikasi tersebut bisa diperluas.

Statistik di tanggal 6 Juli 2017 menyatakan jika masih ada sebanyak 8,1% perangkat di dunia yang menggunakan Android Jelly Bean.

11. Android 4.4 KitKat

Android KitKat ini diumumkan secara resmi pada tanggal 3 September 2013. Pada awalnya memiliki nama Key Lime Pie, namun selanjutnya diubah karena hanya yang tahu nama itu tidak banyak orang.

KitKat ini memulai debutnya di smartphone Google Nexus 5 di tanggal 31 Oktober 2013 dan dioptimalkan berjalan dalam rentang yang jauh lebih besar dari perangkat versi Android sebelumnya yang menggunakan RAM 512 MB sebagai minimun yang disarankan.

12. Android 5.0-5.1.1 Lollipop

Android Lollipop ini menjadi versi stabil terbaru dari sistem operasi Android yang berhasil dikembangkan oleh Google. Diresmikan pada tanggal 25 Juni 2014 saat acara Google I/O dan tersedia secara resmi di OTA pada tanggal 12 November 2014.

Salah satu perubahan yang cukup menonjol dalam rilis Android Lollipop ini ialah user interface yang memang didesain ulang dan dibangun dengan nama material design.

13. Android 6.0-6.0.1 Marshmallow

Android ini menjadi versi pemutakhiran yang dengan pratayang ketiga dan terakhir dirilis pada tanggal 17 Agustus 2015.

Pertama kali diperkenalkan dalam ajang Google I/O pada tanggal 28 Mei 2018. Dukungan smartphone pada Nexus 5, Nexus 6 dan tablet Nexus 9.

Android Marshmallow memiliki skema manajemen daya baru yang dinamakan dengan Doze, yang mampu mengurangi tingkat kegiatan atau aktivitas aplikasi latar belakang di saat perangkat menentukan jika sedang tidak aktif.

14. Android 7.0-7.1 Nougat

Android ini merupakan salah satu pengganti dari pengolahan citra dan menjadi versi Android terbaru yang sudah dirilis. Versi ini sendiri diumumkan pada tanggal 1 Juli 2016 dan diluncurkan pada tanggal 23 Agustus 2016.

Android Nougat mempunyai fitur dan spesifikasi yang berupa vulkan, yang mana bentuk dari pemberitahuan sudah lebih dipebaharui dengan beberapa aplikasi Google dan layar pisah yang mana mampu mendukung juga dalam beberapa bahasa serta Doze on the Go.

Have your say!

0 0