Tech News

Ulang Tahun Gmail ke 15, Sundar Pichai Ucapkan Terima Kasih Kepada 1,5 Miliar Pengguna

Semenjak peluncuran pertamanya ke publik pada 1 April 2014 yang lalu, Gmail menjadi layanan bertukar email yang memiliki pengguna terbanyak di seluruh dunia.

Tepat pada 1 April kemarin, layanan email milik Google ini genap berusia 15 tahun. Sang CEO, Sundar Pichai melalui akun instagramnya turut bersuka cita merayakan kesuksesan Gmail.

Lewat akun instagramnya, Sundar Pichai menuliskan kalau Gmail yang kini telah beroperasi selama15 tahun bukanlah sebuah guyonan. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada 1,5 miliar pengguna setianya di seluruh dunia atas dukungan yang diberikan selama ini.

Sundar Pichai Instagram Gmail
Unggahan ucapan terima kasih Sundar Pichai via Instagram

Di awal-awal perilisan layanannya, perjuangan Gmail tidaklah mudah, meskipun di bawah naungan Google.  Manajer produk senior Gmail, Tom Holman mengungkapkan kalau Gmail harus bersusah payah membasmi spam yang muncul di email masuk.

“Kami mengusahakan agar Gmail bisa mengatasi masalah ini, sehingga menjadikan Gmail sebuah produk yang bisa diandalkan oleh 1,5 miliar pengguna di sepanjang hari,” ungkap Tom Holman via blog Google.

Di awal perilisannya, Gmail telah memiliki fitur andalan untuk bersaing dengan layanan email yang sudah ada. Dua fitur utamanya yaitu pencarian dan pengelompokan email masuk.

Di tahun 2000-an, spam menjadi salah satu masalah yang sangat serius. Untuk mengatasinya, Gmail berinisiatif untuk memblokir email spam sebelum menyerang kotak masuk email penggunanya.