Home » Software » Android » Trusted Voice, Aplikasi Smart Lock Suara Terbaru Android Lollipop

Trusted Voice, Aplikasi Smart Lock Suara Terbaru Android Lollipop

Google baru saja menambahkan fitur terbaru dari smart lock yang bernama “Trusted Voice”. Dengan fitur ini, kini Anda bisa menggunakan suara Anda sebagai password di handset Android.

Dilansir Jatimtech, Rabu (15/4/2015) dari Ars Technica, hanya dengan mengucapkan “OK Google” Anda sudah bisa membuka kunci perangkat Android yang terkunci. Google telah memberikan perhatian khusus pada fitur perintah suara, dan menjadikannya inti dari sistem Android, seperti yang dilakukan mereka di Nexus.

Seberapa aman fitur penguncian “Trusted Voice? Ketika fitur ini diaktifkan, akan muncul popup yang memperingatkan bahwa smart lock dengan suara ini tidak seaman bila menggunakan penguncian versi tradisional, password dan pattern.

Popup Trusted Voice Android Lollipop

Popup Trusted Voice Android Lollipop

Disaat meluncurkan OS terbarunya, Google telah memperluas kemampuan penguncian layar Android Lollipop yang memungkinkan penggunanya menambahkan fitur smart lock melalui Google Play Services.

Dan sekarang Google terus menambahkan fitur smart lock teranyarnya. Seperti “Trusted Places” dimana kunci Android akan otomatis terbuka ketika berada di tempat tertentu seperti di rumah atau berada di kantor. Dan yang paling menarik “On-body detection”, yang akan membuat ponsel terkunci ketika berada saku Anda, dan otomatis terkunci ketika diletakkan di meja.

Untuk sekarang, fitur smart lock ini baru dapat digunakan untuk ponsel besutan Google, Nexus. Pihak Google sendiri saat ini masih belum memberikan keterangan resmi kapan fitur ini akan diluncurkan untuk perangkat Android yang lain.