Sains

Tikus Tua Bisa Diubah Jadi Muda, Apakah Manusia Juga Bisa?

Perkembangan ilmu pengetahuan memang tak akan ada habisnya. Sesuatu yang tidak mungkin bisa diubah menjadi mungkin. Seperti temuan terbaru yang dilakukan ilmuwan di Stanford University dan Harvard University. Mereka melakukan penelitian yang bertujuan untuk menggabungkan dua tikus yang berbeda usia dengan harapan agar tikus tua menjadi muda kembali.

Memang terdengar gila, namun nyatanya penelitian tersebut terbukti berhasil. Seperti apa cara mereka merekayasa usia pada tikus? Caranya cukup sederhana, yakni dengan menyatukan pembuluh darah tikus muda dengan tikus tua. Ditambah lagi dengan molekul Growth Differentiation Factor 11 (GDF-11) yang menjadikan tikus terlihat awet muda, seperti disadur dari Merdeka.

Nah, protein GDF-11 yang banyak ditemukan dalam darah tikus muda tersebut meningkatkan fungsi otak dan otot tikus yang lebih tua. Hasilnya, GDF-11 merangsang perkembangan pembuluh darah baru. Jadi, tikus tersebut akan merasa seperti memiliki tubuh yang baru.

Sejauh ini, penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di dua kampus tersebut masih akan terus dikembangkan agar nantinya dapat diterapkan pada tubuh manusia. Jika tikus saja bisa dibuat muda kembali, seharusnya manusia juga bisa. Jadi, apakah Anda juga ingin terlihat awet muda?