Home » Hardware » Tiga Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang USB Tipe-C pada MacBook Terbaru

Tiga Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang USB Tipe-C pada MacBook Terbaru

USB type-C MacBook
USB type-C MacBook

Pada event yang digelar Apple tanggal 9 Maret 2015, mereka mengumumkan akan menggunakan USB tipe-C (USB 3.1). MacBook 12 inci terbaru akan menjadi yang pertama dalam perubahan port koneksi tersebut. Apple juga menambahkan bahwa mereka akan menjadikan USB tipe-C sebagai standart konektor pada perangkat Apple berikutnya.

Konektor tunggal USB tipe-C ini berfungsi sebagai penghubung display port, VGA, transfer data USB 3.1, pengisi daya baterai, dan HDMI. Apple akan menyediakan secara terpisah adapter dari USB tipe-C menuju HDMI, VGA, pengisian daya, dan flash drive.

Apple memiliki alasan tersendiri, mengapa mereka beralih menggunakan USB tipe-C. Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang USB tipe-C. Berikut tiga hal yang harus Anda ketahui tentang USB tersebut:

  1. Lebih mudah untuk plug-in
    Anda tidak perlu kebingungan menancapkan USB karena kedua ujungnya sama dan tidak akan terbalik.
  2. Transfer data yang cepat
    USB tipe-C menawarkan transfer data hingga 10Gbps. Pengisian dayanya juga lebih cepat karena mengusung kabel bertegangan 20 volt dan arus 5 ampere.
  3. Terdapat dongle multiport terbaru
    Anda tidak lagi membutuhkan dongle yang banyak karena jika Anda membeli MacBook terbaru, Anda akan disediakan sebuah dongle multiport.

Pemakaian USB tipe-C pada MacBook terbaru ini kemungkinan akan diikuti oleh perangkat elektronik lainnya. Hal ini dikarenakan teknologi yang dikeluarkan Apple biasanya akan menjadi teknologi terbaik dan menjadi panutan bagi vendor lain.

Sumber: Cnet

Have your say!

0 0