Home » Unik » Ternyata Salju Tak Selalu Berwarna Putih

Ternyata Salju Tak Selalu Berwarna Putih

Salju berwarna merah
Salju berwarna merah (Gambar: arcticphoto)

Anda pasti tak menyangka bila salju memiliki warna selain putih. Jika Anda tak membuktikannya sendiri, mungkin Anda tak akan percaya. Soalnya, Anda telah termakan tayangan televisi yang sering memperlihatkan salju berwarna putih.

Selama ini salju dikenal banyak orang mempunyai satu warna yaitu putih. Namun, menurut sebuah penelitian, ternyata salju juga memiliki warna kuning, merah, hijau, dan lain-lain. Lalu, apa yang menyebabkan terjadinya variasi warna tersebut?

Berbagai warna pada salju bukanlah sebuah sulap atau sihir. Variasi warna tersebut sebenarnya dibuat oleh lebih dari 350 spesis alga. Alga memang luar biasa dalam bertahan hidup, bahkan alga tidak memerlukan makanan ataupun air. Oleh karena itu, alga dapat hidup normal walaupun berada di tempat yang ekstrem.

Selain akibat dari sekumpulan alga, pada dasarnya salju juga bersifat reflektif. Jika terdapat sesuatu yang lebih dominan warnanya, maka salju dapat menyerap warna tersebut dan memantulkannya lagi. Hal ini yang menjadikan salju memiliki warna yang tidak selalu putih.

Warna-warni salju memang jarang terlihat karena memang tidak ada alga atau benda lain yang dapat direfleksikan. Apabila terdapat kedua faktor tersebut, bisa saja salju di belahan dunia akan terlihat seperti pelangi.

Written by
It’s not how much money you make, but how much money you keep, how hard it works for you, and how many generations you keep it for - Robert Kiyosaki

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.