Home » Tech News » Teleskop Kepler Tangkap Kilatan Untuk Pertama Kalinya

Teleskop Kepler Tangkap Kilatan Untuk Pertama Kalinya

Teleskop Kepler Tangkap Kilatan Untuk Pertama Kalinya (Gambar: Techtimes)

JATIMTECH.com – Ilmuwan percaya bahwa kilatan yang tertangkap oleh teleskop Kepler merupakan gelombang kejut yang terjadi pada salah satu bintang di ruang angkasa, yang mana ini artinya adalah indikasi keberadaan supernova dan memungkinkan bintang itu meledak dan melepaskan atom yang sangat dahsyat, dilansir dari Techtimes, Rabu (23/03/2016).

Dengan menggunakan teleskop Kepler ini, para ilmuwan akhirnya dapat melihat bagaimana kejutan ini terjadi, ini merupakan sebuah terobosan yang sangat berarti dalam menjelaskan bagaimana bahan kimia dan kehidupan itu sendiri tersebar di galaksi Bima Sakti.

Sebenarnya supernova sendiri dimulai ketika bintang kehabisan bahan bakar nuklir, dengan kehabisan bakar ini, nantinya akan menyebabkan inti bintang runtuh dan pada saat itu gravitasi mulai mengambil alih.

Dengan menggunakan teleskop Kepler, ilmuwan akhirnya juga dapat melihat gelombang kejut supernova saat mencapai permukaan salah satu bintang dengan breakout kejutan yang telah teramati selama 20 menit, dan ini merupakan fenomena yang tertangkap oleh kami untuk pertama kalinya.

“Dalam rangka untuk melihat sesuatu yang terjadi pada rentang waktu itu, tentunya pikiran Anda terus bergumam untuk selalu memotret dan mengabadikan fenomenamenakjubkan itu,” kata Garnavich, selaku astronom penemu fenomena ini.

Garnavich juga menambahkan kalau dia tak tau datang dan perginya supernova, oleh karena itu perlu kewaspadaan yang ekstra dalam memantau langit dengan menggunakan teleskop Kepler.

Saya adalah seorang mahasiswa yang lagi belajar menulis, jadi untuk lebih membangun dan memperbaiki tulisan saya, mohon kritik dan saran dari Anda. Terimakasih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>