Sains

Teknologi Canggih Ubah Hubunganmu dengan Pasangan Lebih Dekat

JATIMTECH.com – Kabarnya seorang peneliti telah menciptakan sebuah sarung tangan yang dapat membatu sobat dapat ikut berperan di dalam sebuah film dan bahkan saling memberikan pijatan. Alat ini menggunakan teknologi baru yang sedang dikembangkan di laboratorium Simon Fraser University Carman Neustaedter ini.

Alat ini dapat terhubung dengan perasaan kita, kata Neustaedter, seorang profesor di SFU Sekolah Seni Interaktif dan Teknologi (SIAT). Dia telah merancang sepasang sarung tangan yang saling berhubungan yang disebut Flex-N-Feel. Sistem kerja sarung tangan ini adalah ketika jari kita fleksibel dalam satu sarung tangan, tindakan akan ditransmisikan dengan sensor taktil didalam sarung tangan. Hal ini memungkinkan pemakainya untuk merasakan sentuhan pasangan lainnya saat mereka berada dalam jarak yang jauh. Lebih lanjut tindakan flex sebagai sensor dapat melekat pada mikrokontroler. Kemudian sensor akan memberikan sebuah gerakan dan ditransmisikan menggunakan modul WiFi saat kita online dengan pengguna lain.

Sensor juga ditempatkan secara strategis di sisi telapak jari-jari sehingga sensitifitas dapat lebih terjangkau. Sebuah soft-switch pada kedua sarung tangan juga memingkinkan kelembutan saat dipakai. Pengguna bisa membuat gerakan intim seperti menyentuh wajah, berpegangan tangan, dan memberikan pelukan, kata Neustaedter. Tindakan membungkuk atau meregangkan jari seseorang adalah cara yang lembut dan halus untuk meniru sentuhan.

Sarung tangan ajaib ini kabarnya terus dilakukan pengujian. Proyek-proyek lain juga fokus pada berbagai penelitian yang terkait dengan ini, termasuk sistem konferensi reality virtual video yang memungkinkan satu sama lain melihat melalui mata dari pasangan jarak jauh, dan lain yang memungkinkan pengguna untuk video streaming dengan pasangan mereka di rumah (disebut Be With Me).

Sementara itu peneliti juga mempelajari bagaimana generasi telepresence robot dapat membantu menyatukan pasangan dan berpartisipasi dalam kegiatan bersama. Para peneliti kabarnya juga terus memantau bagaimana robot dapat digunakan dikehidupan sehari-hari untuk melengkapi kita yang dilansir dari Sciencedaily, Selasa (14/02/2017).