Home » Sains » Teknologi 5G Kecepatan 1Tbps, Mampu Download 10 Film Per Detik

Teknologi 5G Kecepatan 1Tbps, Mampu Download 10 Film Per Detik

Para ilmuwan dari University of Sydney di Australia sedang melakukan penelitian teknologi 5G dengan kecepatan 1Tbps. Jauh melebihi kecepatan teknologi telekomunikasi yang sudah ada.

Pada 1 Terabyte per detik, Anda dapat mendownload 10 film per detik. Profesor Rahim Tafazolli, direktur 5GIC (5G innovation center) mengatakan teknologi 5G ini jauh lebih baik daripada Samsung 7.5Gbps.

“Kami telah mengembangkan 10 lebih terobosan teknologi dan salah satunya melebihi 1Tbps nirkabel. Ini adalah kapasitas yang sama dengan fiber optic, tapi kami melakukannya tanpa kabel (wireless), ” kata Profesor Rahim Tafazolli.

5G (generasi ke-5 sistem nirkabel) yang juga dikenal sebagai Tactile Internet menunjukkan fase utama berikutnya dari standar telekomunikasi seluler di luar standar 4G / IMT-Advanced saat ini. Sejauh ini, para ilmuwan menguji teknologi nirkabel menggunakan pemancar transmitter) dan penerima (receiver). Teknologi 5G ini dibangun di Universitas dan bekerja pada jarak hingga 100 meter.

Tujuan para peneliti adalah membawa teknologi ini ke publik secepat mungkin (pada awal 2018), sebelum saingan mereka, Korea Selatan atau Rusia.

“Kita perlu membawa end-toend latency turun hingga satu millisecond sehingga dapat mengaktifkan teknologi baru dan aplikasi yang tidak akan mungkin dilakukan dengan 4G,” katanya kepada V3. “Kami ingin menjadi yang pertama di dunia yang menunjukkan kecepatan transfer data tinggi,” katanya.

Namun menurut tim yang bekerja sekarang, fitur terbaik bukanlah pada kecepatan, tetapi latency dan kehandalan. Mereka mengklaim bahwa teknologi 5G akan bertahan selama 20 tahun, sehingga mereka harus menaklukkan beberapa rintangan berat untuk bisa menyelesaikannya.

“Sebuah aspek penting dari 5G adalah bagaimana hal itu dapat mendukung aplikasi di masa depan. Kita tidak tahu apakah aplikasi ini akan digunakan pada tahun 2020, atau 2030, atau 2040, tapi kami tahu mereka akan sangat sensitif terhadap latency, “katanya.

Namun masih belum jelas apakah kecepatan ini juga dapat dicapai dalam kehidupan nyata. Bahkan jika itu bisa dilakukan, kita masih perlu untuk mengembangkan jaringan yang mampu berjalan pada kecepatan ini (teknologi 5G) dan itu tidak akan terjadi dalam 5 tahun ke depan.

Sumber : zmescience