Home » Hardware » Mobile » Tantang Snapdragon 810, MediaTek Garap Prosesor Helio

Tantang Snapdragon 810, MediaTek Garap Prosesor Helio

MediaTek

MediaTek selama ini memang lebih sering memproduksi chipset mobile untuk ponsel-ponsel kelas menengah bawah. Keberadaannya pun selama ini terus membayang-bayangi Qualcomm, perusahaan chip mobile yang juga berkecimpung dalam pasar yang sama meski dengan kelas berbeda. Kali ini, MediaTek ingin menantang Qualcomm secara langsung, dengan merilis prosesor baru kelas atas bernama Helio yang akan menjadi penantang langsung chipset teranyar Qualcomm, Snapdragon 810.

Menurut informasi yang dilansir dari VR-Zone (31/03/2015), terdapat dua seri prosesor Helio yang digarap oleh MediaTek, yaitu Helio X dan Helio P yang ditujukan untuk kelas atas. Namun dari dua chipsetnya itu, baru Helio X saja yang selesai digarap dan akan segera dipasarkan.

Seri Helio X memiliki satu chipset bernama Helio X10 yang mengusung teknologi octa-core dengan clock yang mencapai 2,2 GHz. Dengan pemrosesan yang sedemikian cepatnya, konsumsi daya chipset ini ternyata masih tetap rendah, sama seperti chipset MediaTek kebanyakan.

Bukan cuma konsumsi daya yang lebih hemat, Helio X10 juga mampu menangani refresh rate hingga 120 Hz dan meng-encode video slot-motion yang beresolusi 480p. Dengan segala kemampuannya, chipset ini mungkin akan dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, setidaknya dibandingkan dengan Snapdragon 810. Sehingga tidak aneh jika banyak orang memperkirakan Helio X10 bisa saja meruntuhkan kedigdayaan Snapdragon 810.

Jika harga chipset bisa lebih murah, maka vendor ponsel yang menggunakan chipset-nya pun bisa lebih menekan harga ponsel mereka. Sayangnya, masih belum jelas kemampuan lain yang dibawa oleh chipset ini.

Helio X sendiri sebenarnya bukanlah seri tertinggi dari chipset yang digarap MediaTek, karena perusahaan ini memilih Helio P sebagai pasar yang lebih tinggi. Jadi, ada kemungkinan Helio X10 bukanlah pilihan MediaTek untuk berhadapan dengan Snapdragon 810, melainkan Helio P. Helio X10 akan mulai dipasarkan akhir tahun 2015 ini.

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>