Sains

Sunset di Mars untuk Pertama Kalinya Berhasil Diabadikan

Pada saat para peneliti NASA sedang “jalan-jalan” ke planet Mars, Mereka tidak sengaja melihat penampakan sunset di Mars. Sontak salah satu awak dari pesawat luar angkas NASA itu langsung mengabadikan pemandangan sunset di Mars itu dengan kamera. Gambar tersebut diambil oleh Mark Lemmon dari Universitas Texas A&M, Amerika Serikat. Dia dan rekan-rekannya terbentuk dalam sebuah tim penelitian Curiosity untuk melakukan penelitian di planet Mars. Ini adalah penampakan sunset di Mars pertama kalinya dan satu-satunya yang berhasil diabadikan dengan sebuah kamera.

Foto sunset di Mars itu dirilis secara resmi oleh Jet Propulsion Laboratory, NASA pada hari Jumat kemarin. Namun gambar tersebut sebenarnya telah diambil oleh para peneliti NASA pada 15 April bulan lalu. Mereka mengambil gambar sunset di Mars saat sedang ingin mengakhiri misi ke 956 Martian Day dari sebuah lokasi di planet Mars yang dikenal dengan kawah Gale.

Jika planet Mars selama ini dikenal dengan planet merah. Namun pada saat terjadi sunset di Mars, warna cakrawala berubah menjadi biru. Ini adalah sebuah fakta yang mengejutkan dari planet yang dikatakan memiliki unsur air ini. Tim dari kuriosity merekam fenomena alam tersebut dengan neggunakan kamera Mast, atau yang dikenal dengan Mastcam. Mereka juga menyebutkan bahwa warna biru yang disebabkan sunset di Mars itu mirip dengan mata manusia yang berwarna biru.