Tips & Trik

Spot Diving Terbaik di Indonesia

Indonesia memang sudah dikenal dengan kekayaan dan pesona bahari yang memukau. Itulah sebabnya negeri kita tercinta ini menjadi daya tarik para penggila olahraga laut seperti surfing, snorkeling dan diving dari seluruh belahan dunia. Khusus bagi pecinta diving, tentunya Indonesia punya spot-spot terbaik dengan karakterisitik yang berbeda-beda. Inilah spot diving terbaik di Indonesia yang wajib Anda datangi. Jangan lupa, setelah memesan tiket pesawat Anda perlu mengecek status penerbangan Anda agar perjalanan semakin nyaman.

1. Morotai, Maluku Utara

Terletak di Kepulauan Halmahera Provinsi Maluku Utara, Indonesia Timur. Pulau Morotai termasuk salah salah satu pulau terluar di Indonesia. Memang sampai saat ini masih belum banyak wisatawan yang mengenal keindahan pulau ini. Namun jangan salah, dengan hamparan pasir putih dan birunya air laut, Pulau Morotai memiliki 25 titik spot terbaik untuk para diver menikmati keindahan bawah laut. Spot tersebut antara lain Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau.

Dalam sejarahnya. Morotai dulu digunakan sebagai basis pertahanan Jepang selama Perang Dunia II. Setelah itu, pulau ini diambil alih oleh para sekutu dan digunakan sebagai landasan pesawat untuk menyerang wilayah Filipina dan Borneo Timur. Itulah sebabnya, para diver akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan berkat spot penyelaman yang bersejarah. Para driver akan menemukan bangkai pesawat Bristol Beuford, bangkai tank, truck dan jeep sisa-sisa peperangan meski hanya dalam keadalaman 40 meter dari dasar laut. Tertarik?

2. Raja Ampat, Papua Barat

Jika Anda ingin melihat surganya dunia bawah laut, Raja Ampat adalah pilihan yang paling tepat. Sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Papua Barat, Raja Ampat merupakan gugusan pulau cantik nan indah. Bahkan menurut situs internasional, Raja Ampat menjadi salah satu dari 10 tempat diving terbaik yang dimiliki dunia. Bahkan diakui sebagai perairam nomer satu di dunia yang memiliki flora fauna terlengkap di dunia.

Para penyelam dapat menemukan beragam spesies hewat laut unik seperti wobbegong (sejenis cumi-cumi), kuda laut mini, atau bahkan ikan-ikan besar seperti hiu, ikan pari manta dan ikan duyung yang legendaris. Tak hanya itu, para penyelam juga dapat merasakan sensasi berenang bersama kumpulan ikan tuna, giant trevaly, snappers hingga barakuda.

Dari semua spot diving yang ada di Raja Ampat, ada beberapa spot popular bagi para penyelam antara lain, Chicken Reef, Mansuar Island, Manta’s Point, Blue Magic, dan Mike’s Point. Jadi, bagi Anda para penikmat keindahan bawah lain, Raja Ampat merupakan tempat wajib yang harus Anda kunjungi.

3. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Salah satu tempat rekomendasi lainnya yakni Taman Laut Bunaken yang berada di Menado, Sulawesi Utara. Taman Laut Bunaken secara geografis berada di wilayah perairan “segitiga emas”, yakni jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Inilah yang menjadi alasan Taman Laut Bunaken menjadi salah satu spot diving terbaik karena menjadi rumah terbaik untuk 390 spesies koral serta ratusan jenis ikan, reptil dan makhluk laut lainnya.

Beberapa spot favorit para penyelam di Bunaken antara lain Tembok Lekuan, Mandolin, Bunaken Timor, Tanjung Kopi, dan rerntuhan kapal di Manado.

4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Masih berada di Sulawesi, kali ini tempat diving terbaik lainnya di Indonesia yang terkenal sampai ke penjuru dunia yakni Wakatobi. Sebagai salah satu dari 50 Taman Nasional yang ada di Indonesia, Wakatobi memiliki kekayaan bawah laut yang sangat memukau.

Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat nama pulau yakni Wangi-wangi, Kalidua, Tomia, dan Binongko. Di sini Anda akan menemukan 750 spesies koral, 112 jenis karang, serta 93 jenis ikan. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman nasional ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys Imbricata), penyu tempayan (Caretta-Caretta) dan penyu lekang (Lepidochelys Olivacea)

Tak hanya itu, uniknya dari Taman Nasional Wakatobi para pengunjung dapat bertemu dengan kawanan paus sperma saat bulan November. Hal ini karena di belahan bumi lainnya sedang dilanda musim dingin, sehingga para paus sperma bermigrasi ke Wakatobi untuk menghangatkan diri dan mendapakan makanan.

5. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Perpaduan antara hamparan pasir putih, lautan biru yang jernih, dengan panorama bawah laut yang luar biasa indah. Bisa Anda betapa indahnya surga dunia yang satu ini? Ya, Pulau Derawan, salah satu destinasi populer untuk para penikmat keindahan bawah laut Indonesia.

Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau, dan yang paling terkenal diantaranya ulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Di sini, Anda dapat menemukan 460 spesies karang, 870 spesies ikan dan biota-biota laut lainnya. Tak hanya itu, Anda juga bisa bertemu dengan penyu berukuran besar yang sudah berusia puluhan tahun. Bahkan dapat merasakan sensasi berenang dengan kawanan ubur-ubur tanpa sengat di Pulau Kakaban.

Jadi, sudah memutuskan tempat mana yang akan Anda kunjungi saat liburan nanti?