Speaker bluetooth terbaik bisa membuat Anda makin nyaman dalam memutar musik dari smartphone dan mengaturnya dari jarak jauh.

 

Kini, pilihan produknya pun sangat banyak sehingga Anda bisa memilih salah satu dari mereka. Ada Samsung, JBL, Anker, hingga Sony.

Dengan pilihan yang banyak ini, terkadang ada orang yang justru dibuat bingung dalam memilih. Untuk itu, kami akan membahas cara memilih produknya sekaligus memberikan rekomendasi produk dalam artikel ini.

Cara memilih speaker bluetooth terbaik

Sesuai dengan namanya, produk ini memiliki spesifikasi yang berbeda dengan speaker aktif terbaik versi biasa. Di mana produk ini lebih fokus pada bluetooth yang bisa digunakan untuk mengatur produknya dari jarak jauh lewat koneksi bluetooth.

Cara memilih speaker bluetooth terbaik

Berikut ini adalah cara memilih speaker bluetooth terbaik yang bisa dilakukan:

Perhatikan versi bluetooth yang digunakan

Sebagaimana diketahui, bluetooth memiliki beberapa versi. Semakin up to date versinya, maka kinerjanya juga semakin tinggi. Selain versinya, perhatikan juga kelas dan profil bluetooth-nya.

Sebagai informasi, sebagian besar produk yang beredar di pasaran saat ini menggunakan bluwtooth 4.0 atau lebih tinggi. Versi ini cenderung lebih mampu menghemat daya hingga baterainya bisa bertahan dua kali lebih lama dibanding versi sebelumnya (3.0).

Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa versi 4.1 memiliki tambahan fungsi penyambungan secara otomatis sehingga tidak diperlukan koneksi berulang saat tiba-tiba koneksinya terganggu.

Perhatikan kualitas suaranya dan kegunaannya

Cara memilih speaker bluetooth terbaik perhatikan kualitas suara dan kegunaannya

Fungsi utama dari speaker adalah menghasilkan suara yang keras dan jelas saat digunakan. Untuk itu, memastikan kualitas suaranya sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang paling tepat. Adapun beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah:

Untuk pemakaian luar ruangan, cek daya listriknya

Apabila Anda sering memakainya di luar ruangan, maka poin kunci yang perlu dicek adalah daya listriknya. Umumnya, suara berkualitas yang cocok untuk dipakai di luar ruangan berasal dari speaker yang bertenaga listrik minimal 20 watt.

Jadi, silakan pilih produk yang daya listriknya lebih dari 20 watt. Hal ini karena speaker yang memiliki daya listrik 1 watt biasanya tidak bisa mengeluarkan suara bass sama sekali atau tidak begitu jelas.

Sementara itu, jika Anda memilih yang 5-15 watt maka bass-nya sudah terdengar tapi hanya dalam jarak tertentu dan cukup dekat jangkauannya.

Cek profil stereo untuk suara yang lebih jernih dan tidak pecah

Perlu diketahui bahwa secara umum ada dua jenis speaker, yakni monaural dan stereo. Keduanya memiliki profil suara yang berbeda. Di mana monaural memiliki satu saluran suara sedangkan stereo memakai dua saluran suara.

Stereo memiliki hasil suara yang lebih jernih dan bagus. Itulah mengapa profil produknya jauh lebih direkomendasikan. Meskipun memang biasanya harga produknya jauh lebih mahal dibanding versi monaural.

Apabila suka dengan suara yang nge-bass, pilih speaker dengan radiator pasif

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Salah satunya adalah kebutuhan untuk memilih produk yang bisa menghasilkan suara yang bass-nya mantap.

Nah, apabila Anda suka dengan produk seperti ini, maka silakan beli speaker bluetooth terbaik yang memiliki fungsi radiator pasif. Dengan speaker seperti ini, bass yang dikeluarkan akan jauh lebih baik dan suaranya lebih kuat.

Bahkan, 80% dari kekuatan suara speaker bluetooth terbaik biasanya ditentukan oleh fungsi radiator pasif ini. Dengan fitur ini, kualitas suara rendah dan tingginya berada di rentang yang benar-benar berbeda.

Pilih speaker dengan codec AAC atau yang lebih tinggi

Sebagai pembeli, Anda perlu tahu bahwa codec adalah sebuah sistem yang bisa mengompresi sekaligus mengubah sumber suara.

Apabila Anda membutuhkan produk yang bisa mengeluarkan suara terbaik, pilihlah bluetooth speaker yang sudah kompatibel dengan codec AAC atau lebih tinggi dari pada itu.

Urutan kualitas suara yang baik berdasarkan sistemnya adalah:

Codec SBC, AAC, apt-X, dan LDAC.

Silakan gunakan urutan tersebut untuk memilih mana speaker bluetooth terbaik yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan spesifikasi dan fitur dengan kondisi pemakaiannya

Masing-masing bluetooth speaker memiliki fitur yang unik dan berbeda. Silakan cek fitur dan spesifikasi ini dan sesuaikan dengan kondisi pemakaian masing-masing.

Ketahanan daya baterai antara 7-8 jam sehingga bisa portabel

Dengan memilih produk yang portabel, maka berarti produknya lebih praktis dan bisa digunakan dalam segala kondisi, di mana saja dan kapan saja.

Nah, agar bisa portabel, carilah speaker yang memiliki daya tahan lama. Misalnya minimal 7 sampai 8 jam. Dengan begini, Anda pun jadi leluasa dalam memakainya nanti.

Selain rentang waktu tersebut, Anda pun dapat memilih produk yang memiliki ketahanan sampai 10 jam, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhannya.

Tahan air dan debu untuk yang sering pakai di luar ruangan

Cek fitur ketahanannya terhadap air dan debu. Biasanya, ada kode khusus pada produknya yang bisa dijadikan patokan. Misalnya IPX5 yang menunjukkan ketahanan terhadap air atau IP56 yang menunjukkan ketahanan terhadap air dan debu.

Apabila Anda belum begitu bisa memahami kode ini, maka bisa langsung tanyakan kepada penjualnya saja mengenai tingkat ketahanannya selama pemakaian.

Cek fitur tambahan dan sesuaikan dengan kebutuhan

Cara memilih speaker bluetooth terbaik cek fitur tambahan

Ada banyak fitur tambahan yang biasanya disematkan pada sebuah produk, di antaranya adalah:

  • NFC yang bisa membantu dan memudahkan proses pairing.
  • Fitur ketahanan terhadap guncangan sehingga membuat suara speaker tetap aman meskipun pernah terjatuh dari tempat yang lebih tinggi.
  • Fitur penyesuaian suara yang membantu menghasilkan suara secara lebih optimal.

Silakan cek fitur tambahannya dan belilah sesuai dengan kebutuhan.

Rekomendasi speaker bluetooth terbaik murah

Rekomendasi speaker bluetooth terbaik murah

Berikut ini adalah beberapa produk yang bisa dijadikan pilihan saat Anda membutuhkan pengeras suara yang terkoneksi dengan bluetooth:

1. Anti benturan, anti debu, dan anti air: Anker Soundcore Sport XL Bluetooth Speaker

Anker Soundcore Sport XL Bluetooth Speaker

Produk ini telah mengusung teknologi IP67 sehingga bisa tahan terhadap debu dan air. Hal ini menjadikan produk ini sebagai salah satu yang sangat direkomendasikan dan cocok buat Anda yang sering memakainya untuk bertualang di alam (pemakaian di luar ruangan).

Terlebih, versi bluetooth yang disematkan padanya juga terbaru, yakni versi 4.1. Anker Soundcore Sport XL ini bisa terkoneksi pada jarak 20 meter. Juga sudah dilengkapi dengan built-in USB charging yang menjadi fitur unggul karena jarang dijumpai pada speaker lainnya.

  • Codec: tidak ada info.
  • Jenis speaker: stereo.
  • Anti air dan anti debu: IP67.
  • Radiator pasif: ya.
  • Daya: 2 x 8 watt.
  • Versi bluetooth: 4.1
  • Ketahanan baterai: 15 jam.
  • Fitur lain: built in USB charging dan anti benturan.

Harga produknya adalah sekitar 1,5 jutaan.

2. Desain kece dan unik serta fleksibel saat dioperasikan: Cambridge SoundWorks OontZ Angle 3

Cambridge SoundWorks OontZ Angle 3

Cambridge menghadirkan produk dengan desain yang unik berbentuk segitiga dengan sudut yang lembut (tidak tegas seperti segitiga pada umumnya). Dengan bentuknya ini, Cambridge SoundWorks OontZ Angle 3 lebih mudah digunakan. Mau ditidurkan atau berdiri, semuanya bisa.

Selain itu, bentuk ini juga memiliki fungsi untuk memisahkan antara drivers dan bass radiator sehingga dapat dihasilkan suara yang lebih jernih.

Dimensinya pun tidak terlalu besar sehingga dapat dipakai di cup holder mobil.

  • Codec: tidak ada info.
  • Jenis speaker: stereo.
  • Anti air dan anti debu: IPX5.
  • Radiator pasif: ya.
  • Daya: 10 watt.
  • Versi bluetooth: 4.2.
  • Ketahanan baterai: 14 jam.
  • Fitur lain: 3.5 mm audio cable input, speaker phone.

Harga produknya hanya sekitar 390 ribuan di marketplace. Sangat terjangkau.

3. Dapat dihubungkan ke tiga perangkat sekaligus: Harman JBL Flip 3

Harman JBL Flip 3

Harman JBL Flip 3 ini sangat menarik karena bisa dihubungkan ke tiga perangkat sekaligus. Sangat cocok buat Anda yang mau menggunakan alat ini untuk mendengarkan musik secara berkelompok dan bergantian.

Pada produknya sudah disematkan teknologi noise and echo cancelling sehingga dapat menghasilkan suara yang lebih jernih.

Yang menarik, material yang digunakan untuk membuat produk ini sangat tahan lama dengan karet berpola. Dengan material ini, produknya jadi aman digunakan saat bepergian.

Di samping itu, ada teknologi splashproof yang dimilikinya sehingga Harman JBL Flip 3 bisa dibasuh agar lebih bersih. Meski bisa dibasuh, produk ini sebaiknya tidak sampai jatuh ke dalam air.

  • Codec: tidak ada info.
  • Jenis speaker: stereo.
  • Anti air dan anti debu: anti air dengan spesifikasi yang kurang detail.
  • Radiator pasif: ya.
  • Daya: 2 x 8 watt.
  • Versi bluetooth: 4.1.
  • Ketahanan baterai: 10 jam.
  • Fitur lain: 3.5 mm audio cable input, speaker phone.

Harganya sekitar 1 jutaan di marketplace.

4. Suara extra bass buat Anda: Sony speaker bluetooth portabel extra bass XB12

Sony speaker bluetooth portabel extra bass XB12

Sony mengeluarkan speaker bluetooth terbaik yang menggabungkan monaural dengan radiator pasif sehingga nada rendahnya dapat dikeluarkan secara sempurna. Dengan begitu, suara bass akan dikeluarkan dengan sangat baik.

Jika pembelian speaker-nya ditujukan untuk acara kumpul-kumpul, maka produk ini adalah pilihan yang paling tepat.

Apalagi, sudah ada IP67 yang disematkan padanya sehingga memantapkan spesifikasinya karena bisa digunakan secara outdoor.

  • Codec: AAC, SBC.
  • Jenis speaker: monaural.
  • Anti air dan anti debu: IP67.
  • Radiator pasif: ya.
  • Daya: 7 watt.
  • Versi bluetooth: 4.2.
  • Ketahanan baterai: 16 jam.
  • Fitur lain: EXTRA BASS, suara stereo dengan dual speaker.

Harga produknya hanya sekitar 890 ribuan di marketplace.

5. Bobot ringan dengan suara dramatis: Bose Soundlink mini II

Rekomendasi speaker bluetooth terbaik murah Bose Soundlink mini II

Bobotnya hanya sekitar 0,68 kg dengan dukungan fitur yang super lengkap. Bahkan, Anda bisa memutar musik lewat tombol yang tersedia di perangkatnya.

Suara bass yang dikeluarkan Bose Soundlink ini juga matang dengan hasil dramatis. Cocok buat Anda yang butuh dengan produk semacam ini.

  • Codec: tidak ada info.
  • Jenis speaker: tidak ada info.
  • Anti air dan anti debu: tidak ada info.
  • Radiator pasif: tidak ada info.
  • Daya: 100 – 240 volt.
  • Versi bluetooth: tidak ada info.
  • Ketahanan baterai: 12 jam.
  • Fitur lain: USB, bluetooth, 3.5 mm AUX, dan charging yang mudah.

Harganya sekitar 3 jutaan rupiah.

6. Daya tahan baterai tingkat tinggi sampai 25 jam: Samsung Level Box Mini Wireless Bluetooth speaker

Samsung Level Box Mini Wireless Bluetooth speaker

Samsung mengeluarkan produk yang sangat keren dengan baterai yang tahan sampai 25 jam. Dengan Level Box Mini Wireless Bluetooth speaker ini Anda bisa mendengarkan musik secara leluasa dalam waktu yang lama.

Selain itu, produknya juga sudah dilengkapi dengan codec apt-X dan mampu mengeluarkan bass super kuat.

  • Codec: Apt-X, SBC.
  • Jenis speaker: stereo.
  • Anti air dan anti debu: tidak ada info.
  • Radiator pasif: ya.
  • Daya: 4 watt.
  • Versi bluetooth: 3.0.
  • Ketahanan baterai: 25jam.
  • Fitur lain: NFC, microphone, dan smart speaker S-voice.

Harga speaker Samsung ini sangat murah, yakni 1,1 jutaan rupiah.

7. Bentuk mini, ketahanan maxi: Anker Soundcore Mini

Anker Soundcore Mini

Meski dimensinya sangat mini, produk dari Anker ini memiliki ketahanan baterai yang luar biasa, yakni 15 jam. Selain itu, suara bass-nya juga sangat powerful dan mantap.

  • Codec: tidak ada info.
  • Jenis speaker: monaural.
  • Anti air dan anti debu: tidak ada info.
  • Radiator pasif: ya.
  • Daya: 5 watt.
  • Versi bluetooth: 4.0.
  • Ketahanan baterai: 15 jam.
  • Fitur lain: FM radio, koneksi AUX, microphone dengan noise-cancelling.

Harganya sekitar 390 ribuan di marketplace.

8. Super kompatibel dengan Apt-X, SBC, dan AAC: Denon Envaya Mini DSB-100

Denon Envaya Mini DSB 100

Denon Envaya ini memiliki teknologi yang super baik untuk menghasilkan suara jernih terbaik. Dia juga sudah kompatibel dengan beragam Codec. Di antaranya adalah Apt-X low latency, SBC, dan AAC. Bentuknya juga kompatibel dengan segala kondisi dan bisa diletakkan dengan mudah.

  • Codec: Apt-X low latency, AAC, dan SBC.
  • Jenis speaker: stereo.
  • Anti air dan anti debu: ekuivalen IPX4.
  • Radiator pasif: ya.
  • Daya: 10 watt.
  • Versi bluetooth: 3.0.
  • Ketahanan baterai: 6 jam.
  • Fitur lain: NFC, microphone dengan noise cancelling.

Harganya sekitar 1,4 jutaan di marketplace.

9. Mudah dibawa: Harman JBL Clip 3

Harman JBL clip 3

Produk ini memiliki carabiner khusus sehingga dapat dikaitkan ikat punggung atau ikat pinggang. Selain itu, terdapat teknologi noise and echo cancelling yang bisa memantapkan kejernihan suara.

  • Codec: tidak ada info.
  • Jenis speaker: monaural.
  • Anti air dan anti debu: IPX7.
  • Radiator pasif: tidak ada info.
  • Daya: 3.3 watt.
  • Versi bluetooth: 4.1.
  • Ketahanan baterai: 10 jam.
  • Fitur lain: speaker phone dan carabiner.

Harganya sangat murah, hanya 1,2 jutaan di marketplace.

10. Mampu terkoneksi dengan berbagai perangkat: Aukey SK-M31 mini bluetooth speaker with enhances bass & metal housing

Aukey SK M31 mini bluetooth speaker with enhances bass metal housing

Dengan Aukey SK-M31, Anda bisa mengoneksikan speaker melalui bluetooth, audio jack, micro SD, hingga radio FM.

Dimensinya juga pas untuk dibawa ke mana saja sehingga memudahkan pemakaian.

  • Codec: tidak ada info.
  • Jenis speaker: monaural.
  • Anti air dan anti debu: tidak ada info.
  • Radiator pasif: tidak ada info.
  • Daya: 5 watt.
  • Versi bluetooth: 4.2.
  • Ketahanan baterai: 10 jam dengan volume 50%.
  • Fitur lain: bisa terhubung dengan berbagai koneksi, yakni AUX, FM Radio, micro SD, dan bluetooth.

Harganya hanya 800 ribuan rupiah.

11. Bisa atur panggilan di smartphone dengan mudah: Jabra Soulmate

Jabra Solemate

Tidak hanya berfungsi sebagai speaker bluetooth terbaik, dengan Jabra Soulmate Anda juga bisa mengatur panggilan yang masuk ke HP dan menjawabnya atau menolaknya.

  • Codec: tidak ada info.
  • Jenis speaker: tidak ada info.
  • Anti air dan anti debu: Ya, spesifikasi kurang detail.
  • Radiator pasif: ya.
  • Daya: 9 watt.
  • Versi bluetooth: 3.0.
  • Ketahanan baterai: 8 jam.
  • Fitur lain: NFC, tampilan status baterai, anti guncangan.

Harganya sangat terjangkau, yakni 490 ribuan.

12. Desain menarik dengan fitur mikrofon: Harman Kardon Go + Play 2

Harman Kardon Go Play 2

Yang paling menarik dari produk ini adalah desainnya karena ada pegangan yang memudahkan Anda untuk membawanya ke mana saja.

  • Codec: tidak ada info.
  • Jenis speaker: tidak ada info.
  • Anti air dan anti debu: tidak ada info.
  • Radiator pasif: tidak ada info.
  • Daya: tidak ada info.
  • Versi bluetooth: 4.1.
  • Ketahanan baterai: 8 jam.
  • Fitur lain: USB, bluetooth, microphone, dan charging yang mudah.

Harga produknya agak mahal dengan dimensi yang lebih besar dan suara yang makin matang, sekitar 5 jutaan rupiah.

Itulah beberapa produk speaker bluetooth terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Silakan beli sesuai kebutuhan dan ketersediaan anggaran supaya lebih pas.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles