Sony baru saja mengumumkan pihaknya telah kembali menghadirkan AIBO generasi terbaru setelah lebih dari satu dekade sejak membuat generasi pertamanya. Kehadiran AIBO menjadi salah satu batu lompatan penting dalam upaya restrukturisasi yang mereka galakkan sejak beberapa tahun silam.

Pengumuman tersebut diumumkan sehari setelah Sony mengkonfirmasi kebangkitannya dengan merilis proyeksi keuntungan tertinggi tahun ini yang berujung pada lonjakan harga saham Sony ke level tertinggi dalam sembilan tahun terakhir.

AIBO adalah robot anjing yang dirancang sebagai peliharaan yang berperilaku seperti anjing sungguhan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence / AI) untuk belajar dan berinteraksi dengan pemilik dan sekitarnya. Upgrade tersebut menghadirkan teknologi penginderaan dan pergerakan baru serta AI yang jauh lebih maju yang didukung oleh komputasi awan untuk mengembangkan kepribadian anjing tersebut.

Penjualan AIBO akan dimulai di Jepang pada bulan Januari dengan harga JPY 198.000 (sekitar $1.739).

Sony mempelopori robot hiburan dengan meluncurkan AIBO pada tahun 1999. Ia menjual sekitar 150.000 anjing di Jepang sebelum menghentikan produksinya tujuh tahun kemudian ketika bisnis elektronik konsumen utamanya kesulitan bersaing dalam perang harga dengan saingan dari Asia yang begitu gencar.

AIBO yang terlahir kembali dengan teknologi aktuator baru memungkinkan dirinya bergerak lebih lancar dan alami seperti anjing sungguhan. Dengan teknologi penginderaan dan AI, AIBO dapat berjalan mendekati pemiliknya, mendeteksi senyuman, kata-kata pujian, dan dapat mengingat tindakan apa yang menyenangkan bagi pemiliknya. Matanya terbuat dari bahan pemancar cahaya organik (OLED) yang membuatnya mampu memancarkan beraneka ragam ekspresi. Bagaimana, tertarik untuk beli satu?