Home » Sains » Ini Dia Solusi Bagi Bayi Yang Rentan Alergi

Ini Dia Solusi Bagi Bayi Yang Rentan Alergi

JATIMTECH.com – Institut Nasional Alergi dan Penyakit Infeksi merekomendasikan bagi orang tua untuk memberikan bayi makanan yang mengandung kacang saat bayi berusia 4 sampai 6 bulan, dan bahkan mereka menyarakan lebih awal jika anak rentan terhadap alergi.

Namun jangan salah bagi beberapa bayi yang hidup dengan alergi kacang memerlukan kewaspadaan yang konstan. Mencegah perkembangan alergi kacang akan menyelamatkan nyawa dan biaya perawatan kesehatan yang lebih rendah, kata Direktur NIAID Anthony S. Fauci, gelar M.D. dalam sebuah pernyataannya. Tapi mereka berharap bahwa implementasi luas dari pedoman ini oleh penyedia layanan kesehatan akan mencegah perkembangan alergi kacang pada anak yang rentan dan akhirnya mengurangi prevalensi alergi kacang di Amerika Serikat pada khususnya.

Rekomendasi baru dengan jelas dari studi penting pada tahun 2015 yang menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung kacang untuk bayi muncul untuk mencegah alergi. Februari 2015, NIAID yang mana didanai dari LEAP menguji coba secara klinis dan acak yang melibatkan lebih dari 600 bayi. Dalam uji coba mereka mengumpulkan bayi berusia 4 sampai 11 bulan, yang dianggap berisiko tinggi memiliki alergi baik karena alergi telur, kacang yang sudah ada atau eksim.

Para peneliti secara acak membagi anak-anak menjadi dua kelompok yang mana beberapa diberi makan-makanan yang mengandung kacang bubur dan lainnya diberitahu untuk menghindari kacang. Para peneliti menemukan bahwa pada saat usia 5 tahun, kurang dari satu persen dari anak-anak yang makan makanannya mengandung kacang tiga kali atau lebih setiap minggu ternyata mampu mengurangi alergi termasuk alergi terhadap kacang, dibandingkan dengan 17,3 persen pada kelompok yang menghindari kacang sepenuhnya.

Dengan kata lain, konsumsi kacang secara teratur sebelum usia 5 tahun menyebabkan pengurangan 81 persen dari alergi kacang pada bayi yang dianggap berisiko tinggi mengembangkan alergi.Temuan lain menunjukkan bahwa kacang mampu melindungi jantung bayi yang dilansir dari Seeker, Kamis (05/01/2017).