Home » Sains » Softbank Pepper, Robot Pramuniaga Toko Elektronik di Jepang

Softbank Pepper, Robot Pramuniaga Toko Elektronik di Jepang

softbank-pepper-robot
Softbank Pepper (Gambar : Ibtimes)

Jatimtech.com – Jepang merupakan salah satu negara penghasil robot selain Amerika Serikat. Hampir semua robot di Jepang memiliki kemampuan untuk membantu pekerjaan manusia. Termasuk robot Softbank Pepper yang dirancang khusus untuk menjadi pramuniaga toko. Seperti dilansir dari PCMag (31/7/2015), Softbank Pepper memiliki kemampuan mendeteksi emosi seseorang. Kemampuan inilah yang tidak dimiliki robot lainnya. Sehingga perusahaan pembuat robot sepakat untuk menempatkan Softbank Pepper di beberapa toko elektronik di Jepang.

Kemampuan robot Softbank Pepper dalam mendeteksi emosi seseorang didukung oleh beberapa fitur yang terpasang pada robot. Setidaknya pada robot ini terdapat built-in kamera, sensor sentuh, accelerometer, penginderaan. Semua fitur pada Softbank Pepper ini diprogram agar dapat bereaksi dengan tepat.

Sebelumnya, Softbank Pepper telah mempelajari bahasa Jepang pada bulan Februari lalu. Untuk dapat merealisasikannya, perusahaan Softbank bekerjasama dengan IBM. Dalam sebuah pernyataan general manager dari IBM, Paul Yonamine mengatakan bahwa “bahasa Jepang disajikan peneliti IBM dengan sejumlah tantangan yang unik untuk mengatasi, terutama pertama kalinya sistem Watson telah belajar bahasa yang bergantung pada karakter yang tidak dimiliki oleh alfabet Barat.”

Walaupun demikian, para peneliti mengatakan bahwa robot Softbank Pepper ini masih memiliki kekurangan. Dimana robot Pepper ini masih sering salah dalam mengidentifikasi beberapa item produk. Namun tim peneliti meyakinkan bahwa kesalahan ini dikarenakan kurangnya pelatihan yang dilakukan terhadap Softbank Pepper.

 

Have your say!

0 0