Home » Sains » Smartphone Pendeteksi DNA untuk Penderita Kanker

Smartphone Pendeteksi DNA untuk Penderita Kanker

smartphone-pendeteksi-dna
smartphone pendeteksi dna (gambar : gizmag)

Para peneliti dari University of California Los Angeles, atau yang sering dikenal dengan UCLA tengah menciptakan alat yang terhubung dengan smartphone. Alat tersebut akan dikembangkan menjadi smartphone pendeteksi DNA. Alat yang sedang mereka kembangkan ini merupakan hasil dari 3D printing. Alat ini dihubungkan dengan smartphone yang dirubah fungsinya menjadi mikroskop yang mampu mendeteksi DNA. Sehingga terciptalah smartphone pendeteksi DNA untuk pertama kalinya dan satu-satunya di dunia.

Hanya berbekal sebuah perangkat yang tercipta dengan teknologi 3D printing, para peneliti dari UCLA ini mampu menciptakan smartphone pendeteksi DNA. Lebih tepatnya smartphone yang dirubah fungsinya menjadi mikroskop sehingga mampu melakukan scan DNA. Walaupun demikian, harus diakui bahwa teknologi 3D printing ini mampu menciptakan sebuah perangkat baru yang berguna bagi kemajuan teknologi.

Smartphone pendeteksi DNA ini nantinya akan digunakan oleh tim medis untuk mendeteksi DNA penderita penyakit kanker dan alzheimer. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk mendeteksi DNA, kita harus pergi ke laboratorium terlebih dahulu. Karena di sana terdapat peralatan yang lengkap dan canggih untuk mendeteksi DNA. Namun, dengan adanya smartphone pendeteksi DNA, kita tidak harus ke laboratorium untuk scan DNA. Cukup dengan menggunakan smartphone murah, kita bisa melakukan scan DNA di rumah.

Alat ini dirancang untuk bertindak seperti mikroskop fluorescent. Memungkinkan untuk bekerja dengan label sampel dengan molekul neon, untuk kemudian menariknya dengan laser. Jenis mikroskop dapat mendeteksi resistensi obat dalam penyakit menular serta DNA untuk mendiagnosa kanker dan penyakit alzheimer.

Sumber : GizMag

 

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>