Home » Gadget » Smartphone » Smartfren Jalin Kerjasama dengan Cyanogen

Smartfren Jalin Kerjasama dengan Cyanogen

Produsen gadget sekaligus operator selular CDMA asal Indonesia dikabarkan menjalin kerjasama dalam bentuk investasi dengan Cyanogen, pengembang ROM Android.

Dilansir Jatimtech, (24/3/2015) dari CNN Indonesia, Cyanogen mengatakan bahwa pendanaan baru ini akan dimanfaatkan untuk merekrut karywaran berbakat dan untuk memepercepat pengembangan Android yang mereka buat.

Pihak Smartfren nantinya akan menggunakan sistem operasi buatan Cyanogen yang disebut CyanogenMod, dan akan mulai digunakan untuk ponsel Andromax keluaran terbaru.

Cyanogen sendiri sudah tidak asing bagi para pecinta gadget Android. Pasalnya CyanogenMod dapat dikustomisasi oleh siapapun juga untuk kepentingan individu atau komersil. Sebut saja perangkat buatan HTC, Samsung, atau Xiaomi mulus menjalankan custom ROM CyanogenMod.

Bagi perangkat yang menggunakan sistem operasi Cyanogen diklaim memiliki performa yang lebih baik. Sebagai bukti, ponsel OnePlus  One yang memiliki spesifikasi sama dengan Samsung Galaxy S5, mendapat nilai benchmark yang lebih baik.

Selain PT Smartfren Telekom, perusahaan lain yang ikut berinvestasi antara lain Twitter Ventures, Qualcomm Incorporated, Telefónica Ventures, Smartfren Telecom, Index Ventures, Access Industries, Rupert Murdoch, Vivi Nevo, dan mitra lainnya dengan total nilai investasi US$ 110 juta.