Menonton film di ponsel ataupun laptop belum lengkap rasanya tanpa adanya subtitle Indonesia. Subtitle bukan hanya untuk tuna rungu saja lho. Dengan mendownload subtitle, bisa membantumu memahami dialog yang susah diikuti ketika menonton film ataupun drama televisi.

 

Ada banyak sekali situs yang memiliki database subtitle yang lengkap. Mulai subtitlte untuk film / drama berbahasa Inggris, Korea, China, Spanyol, dan yang lainnya.

Jatimtech telah memilih situs terbaik untuk mendownload subtitle. Berikut ini rekomendasi kami.

File subtitle yang didownload biasanya berformat zip, jadi Siapkan aplikasi untuk membuka zip di Android, ya.

1. Subscene.com: Situs download subtitle terlengkap

Subscene mulai muncul di internet pada tahun 2005. Situs ini menyediakan subtitle dalam berbagai macam bahasa, dan dukungan untuk penonton film tuna rungu. Interface/ antar muka Subscene sangat ramah pengguna. Sederhana dan jelas. Di halaman awal, Anda akan melihat kolom pencarian subtitle, film populer, dan halaman diskusi forum.

Cara download subtitle Indonesia Subscene

  • Di “kolom pencarian” ketikkan judul film atau drama.
  • Setelah muncul hasil pencarian, klik “judul film” yang ingin Anda download.
  • Pilih subtitle berbahasa Indonesia dengan judul sesuai. Atau jika drama series, pilih episode yang sesuai.
  • Klik “Download Subtitle Indonesia”.

Selain fitur download subtitle, di Subscene Anda juga mengupload subtitle buatanmu sendiri juga. Anda perlu mendaftar untuk mengupload file .srt yang berkualitas.

Tidak hanya subtitle untuk film saja, terdapat subtitle untuk drama korea, trailer film, tv series, dan video tontonan lainnya yang bisa Anda temukan di Subscene.


2. Download subtitle alternatif: opensubtitles.org

Situs yang kedua, OpenSubtitles yang memiliki database lebih dari 5 juta subtitle menurut info di situsnya. Yang menarik, di laman setiap subtitle, terdapat info film terkait.  Seperti nama Sutradra, daftar penghargaan, asal negara, dan tak ketinggalan aktor di film tersebut. Tampilan di OpenSubtitles.org cukup simpel dengan desain klasik. Tombol pencarian subtitle menonjol di bawah menu situs. Untuk menyetel ke bahasa Indonesia, cukup dengan klik icon bendera di pojok kanan atas.


3. Download subtitle Indonesia film India:  bollynook.com

Di situs Bollynook Anda bisa mendownload subtitle film Indonesia berbahasa Indonesia. Tidak hanya subtitle untuk film saja, Anda bisa menemukan subtitle series TV, dan juga lirik lagu India, lho. Uniknya, situs Bollynook.com tidak terdapat iklan yang mengganggu. Pengelola situs ini memilih jalur donasi untuk kelangsungan situs subtitle film India ini.


4. Tempat download subtitle Indonesia selain subscene: subtitlesdl.org

Situs selanjutnya, subtitlesdl.org bisa Anda jadikan alternatif download subtitle selain Subscene. Anda bisa mulai mencari subtitle bahasa Indonesia pada kolom pencarian di bagian paling atas. Meskipun tidak setenar Subscene, namun subtitle di situs isubtitles.org cukup lengkap dan termasuk up to date untuk bahasa Indonesia. Selain untuk film, tersedia juga subtitle untuk TV Series.


5. Forum diskusi film dan download subtitle Indonesia: IDFL

 

IDFL adalah sebuah forum seputar movies, tv series, anime, dan tentu saja subtitle Indonesia. Para penerjemah yang terkenal, seperti Lebah Ganteng, Pein Akatsuki mengawali ketenaran mereka di situs IDFL ini. Untuk mendownload subtitle film di IDFL, Anda perlu mendaftar sebagai member terlebih dulu. Setelah terdaftar, Anda bisa menuju sub forum “Subtitle Library”. Disana Anda bisa melihat daftar subtitle terbaru, beserta link download subtitlenya. Anda juga bisa mencari subtitle untuk film tertentu di kolom pencarian yang tersedia di IDFL.


Dari kelima situs di atas, Subscene masih menjadi situs yang paling lengkap dan up to date untuk mendownload subtitle film, drama, maupun TV series. Namun ada kalanya Subscene tidak bisa dibuka karena maintenance ataupun down. Anda bisa mencoba salah satu dari situs yang kami rekemondasikan di atas.

Ada rekomendasi situs download subtitle berbahasa Indonesia lainnya? Tulis di kolom komentar, ya.

FAQ

Subscene Down? Apa yang harus dilakukan

Sama seperti website pada umumnya, Subscene juga terkadang mengalami down atau tidak bisa dibuka dan diakses. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengunjungi situs penyedia subtitle film lainnya di daftar list di yang tersedia.

Bagaimana cara agar film ada subtitle Indonesia?

Anda bisa mendownload subtitle Indonesia di Subscene atau situs penyedia subtitle lainnya. Pindahkan file subtitle .srt ke folder yang sama dengan file film. Pastikan media player yang Anda gunakan mendukung tambahan subtitle.

 
Tagged in:
,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles