Home » Hardware » Mobile » Sistem Keamanan Touch ID Apple Berhasil Dibongkar Oleh Bocah 7 Tahun

Sistem Keamanan Touch ID Apple Berhasil Dibongkar Oleh Bocah 7 Tahun

Touch ID Apple

Vendor ponsel saat ini berlomba-lomba menciptakan sistem keamanan yang bisa melindungi ponsel penggunanya. Apple misalnya, menjadi pelopor penggunaan sensor sidik jari di perangkat smartphone yang diberi nama Touch ID. Dengan sistem keamanan ini, ponsel menjadi jauh lebih aman karena hanya pemiliknya yang bisa membuka ponsel.

Tapi siapa sangka kalau bocah berusia 7 tahun ternyata bisa dengan mudahnya membongkar prosedur keamanan Touch ID. Seperti dilansir CNN, seorang bocah berusia 7 tahun ini berhasil membongkar prosedur keamanan Touch ID di perangkat iPhone 5S milik ayahnya. Saat itu, ayahnya sedang tertidur sehingga tidak menyadari kalau anaknya menggunakan ibu jarinya dan meletakkannya diatas tombol “Home”, tempat dimana Apple meletakkan sensor Touch ID di perangkat iPhone 5S. Hasilnya, sang anak berhasil mengakses ponsel milik ayahnya dengan cepat tanpa diketahui oleh ayahnya.

Hal ini tentu menjadi bukti bahwa sistem keamanan yang sangat tinggi itu ternyata juga memiliki celah yang terbuka lebar. Terlebih sang ayah yang bernama Matthew Green berprofesi sebagai pengajar kriptografi dan keamanan komputer di Johns Hopkins University, ini tentu menjadi masalah yang besar bagi Apple. Matthew juga membuktikan bahwa tidak ada cara yang benar-benar aman untuk menghentikan kasus pencurian meskipun Apple sudah menempatkan Touch ID, karena siapapun bisa mendapatkan sidik jari seseorang. Salah satu caranya seperti yang sudah dilakukan oleh sang bocah.

Written by
It has become appallingly obvious that our technology has exceeded our humanity - Albert Einstein

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.