Home » Gadget » Kamera » Singapura Manfaatkan Drone Sebagai Alat Pengirim Surat

Singapura Manfaatkan Drone Sebagai Alat Pengirim Surat

singapura-manfaatkan-drone-sebagai-alat-pengirim-surat
Drone Singapura (Gambar : Channel News Asian)

Jatimtech.com – Singapura selangkah lebih maju dari Indonesia. Negara tetangga Indonesia ini melakukan sesuatu yang menarik dengan kamera pengintai drone. Berdasarkan laporan yang dilansir dari The Next Web (8/10/2015), Singapura manfaatkan drone sebagai alat pengirim surat. Hal ini telah berhasil dilakukan oleh Sing Post yang merupakan layanan pos nasional Singapura. Perusahaan jasa pengiriman Singapura ini baru saja mengujicoba drone sebagai alat pengirim surat fisik dan pengiriman paket.

Jika biasanya jasa Pos Indonesia menggunakan kapal laut ataupun pesawat untuk mengirimkan surat anta pulau. Tidak demikian dengan Sing Post, mereka menggunakan drone sebagai alat pengirim surat dari pulau Ubin ke pulau Singapura. Sebuah pesawat tak berawak yang dibangun menggunakan platform Pixhawk Steadidrone oleh Infocomm Development Authority of Singapore (IDA) Labs membawa surat dan t-shirt lebih dari jarak dua kilometer dalam lima menit ke pulau Singapura dari Pulau Ubin.

SingPost mencatat bahwa drone “dilengkapi dengan aplikasi prototipe yang dirancang dengan fitur keamanan dan verifikasi yang menjamin surat mencapai penerima yang dimaksudkan.” Jika saja jasa pengiriman di Indonesia bisa memanfaatkan teknologi drone lebih dari sekedar kamera pengintai, mungkin langkah Singapura dalam memanfaatkan drone bisa menjadi salah satu alternatif alat pengirim surat.

 

Have your say!

0 0