Sertifikat Digital Cina Ditolak Google

Seperti kita ketahui bahwa hubungan Google dengan Cina sedang buruk. Hal ini dikarenakan pemutusan hubungan antara pemerintahan Cina dengan perusahaan internet nomor satu dunia tersebut. Cina sendiri membangun mesin telusur sendiri, Baidu. Akibatnya seperti saat ini, sertifikat digital Cina ditolak Google. Hubungan dingin antara Google dan Cina sepertinya masih terus berlanjut. Apalagi dengan ditolaknya sertifikat digital Cina yang dikenal dengan CNNIC (China Internet Network Information Center).

Permasalahannya adalah sertifikat digital Cina yang diterbitkan di Web. Memastikan bahwa situs aman dan tidak sarat dengan perangkat lunak berbahaya. Hal ini memungkinkan untuk mencuri informasi atau merusak perangkat. Dalam hal ini, Google menemukan bahwa CNNIC telah mengeluarkan sertifikat untuk domain .cn. Mereka membuat kesepakatan dengan sebuah perusahaan yang dikenal sebagai MCS Holdings.

Sementara sebagai pihak yang ditolak, CNNIC terus mendesak Google untuk mengambil kebijakan konkrit. Pihak sertifikat digital Cina tersebut meminta agar hak dan kepentingan pengguna dapat dijadikan pertimbangan Google dalam mengambil keputusan. CNNIC menjamin kepada para pengguna yang telah mengeluarkan sertifikat digital tidak perlu khawatir dengan kondisi ini. Mereka menegaskan bahwa hak-hak dan kepentingan sah pengguna tidak akan terpengaruh dengan ditolaknya sertifikat digital Cina.

Sumber : asia.pcmag

DON'T MISS

Tulis Komentar