Tech News

Sensor Sidik Jari di Permukaan Layar Pertama di Dunia Mulai Diproduksi

Synaptics, produsen komponen mobile yang berbasis di California, mengumumkan produksi massal sensor sidik jari di layar dengan “lima OEM teratas”. Synaptics mengonfirmasi akan mengadakan demo langsung teknologi tersebut ajang CES 2018 bulan depan.

Sensor sidik jari baru Synaptics Clear ID dikembangkan untuk smartphone dengan “display tanpa batas”, mengacu pada aspek rasio 18: 9 yang lebih tinggi dari biasanya yang mulai umum digunakan oleh ponsel keluaran terbaru. Synaptics mengklaim bahwa rangkaian sensor sidik jari dalam Clear ID FS9500 akan lebih cepat daripada sensor biometrik, bahkan sensor pengenalan wajah 3D.

Sensor Sidik Jari Pertama di Permukaan Layar Mulai Diproduksi

Sensor Clear ID yang baru akan bekerja secara eksklusif dengan layar OLED. Mereka mengatakan bahwa sensor dapat bekerja di bawah lapisan setebal 1,5 mm, termasuk pelindung layar, kaca penutup dan layar OLED. Pabrikan juga mengklaim bahwa Clear ID FS9500 yang baru akan sama efisiennnya dengan model Clear ID FS9100 yang saat ini digunakan oleh Samsung Galaxy S8. Ia dapat bekerja dengan baik dalam berbagai kondisi, antara lain jari basah, kering, dan dingin.

Sensor sidik jari di permukaan layar memiliki teknologi keamanan SentryPoint milik Synaptics. SentryPoint menawarkan berbagai fitur otentikasi seperti Quantum Matcher untuk pencocokan dan otentikasi template sidik jari adaptif; Teknologi anti-spoof PurePrint untuk memeriksa gambar sidik jari; dan SecureLink yang menggabungkan dukungan untuk protokol TLS dengan otentikasi ECC dan enkripsi AES.

Samsung diyakini bakal jadi perusahaan smartphone pertama yang beruntung mengadopsi sensor sidik jari baru ini. Mungkin untuk Galaxy S9 atau Galaxy Note 9.