Hardware

Selulosa Nanofibril untuk Chip Komputer Berbahan Dasar Kayu

Chip komputer merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam sebuah rangkaian perangkat komputer. Chip biasanya digunakan untuk membuat sebuah prosesor. Biasanya, chip komputer dibuat dengan bahan dasar silikon. Namun kini ada chip yang terbuat dari bahan dasar kayu, elemen tersebut dinamakan selulosa nanofibril, seperti dilansir dari pcmag.

Sudah bertahun-tahun lamanya dunia komputer memproduksi chip. Akan tetapi bahan dasar chip yang terbuat dari silikon ini ternyata memberikan dampak yang cukup berat bagi lingkungan. Banyaknya tumpukan chip komputer yang sudah tidak terpakai membuat chip menjadi sampah yang akhirnya menjadi limbah produksi. Sifat silikon yang sulit untuk diuraikan ini menjadi masalah bagi lingkungan hidup.

Oleh karena itu, kini para peneliti telah berhasil mengembangkan chip komputer dari kayu. Selulosa nanofibril atau yang sering disingkat menjadi CNF adalah bahan baku dasar chip komputer kayu. Ini adalah serat terhalus dari kayu yang pastinya sangat mudah untuk diuraikan. Artinya, chip komputer yang terbuat dari selulosa nanofibril ini sangat ramah lingkungan.

Dipimpin oleh profesor Zhenqiang Ma, tim peneliti mampu mengganti komponen chip komputer dengan bahan kayu yang disebut selulosa nanofibril (CNF). Dia mengatakan bahwa chip komputer yang mengandung selulosa nanfibril ini aman bagi lingkungan. Kita bisa membuang limbah chip kayu di tempat pembuangan biasa, karena lama kelamaan limbah chip ini akan dengan sendirinya terurai oleh jamur.