Home » Tech News » Screenshot Sistem Operasi Baru Google, Fuchsia OS Merebak

Screenshot Sistem Operasi Baru Google, Fuchsia OS Merebak

Tahun lalu berhembus kabar bahwa Google sedang menggodok sebuah sistem operasi smartphone baru yang diberi kode Fuchsia. Eksistensinya kemudian diragukan seiring pemberitaan yang mulai mereda. Namun tampaknya di belakang layar Google masih terus bekerja menyusul merebaknya sebuah screenshot oleh ArsTechnica yang disebut merupakan interface dari sistem operasi yang dimaksud.

Meski dilahirkan oleh pembesut Android, Fuchsia tidaklah sama seperti Android ataupun Chrome OS. Fuchsia dibangun bukan berdasarkan Linux. Melainkan berdasarkan pada microkernel milik Google sendiri yang disebut Magenta. Ini tentu sebuah langkah yang berani sekaligus mengejutkan, mengingat Linux masih dianggap sebagai basis paling fleksibel sebagaimana menjadi salah satu kunci sukses Android. Bahkan Google Pixel masih menggunakan Linux Kernel 3.18 yang dirilis pada tahun 2014 silam.

Dari apa yang dijabarkan di atas, tentu Anda bertanya-tanya apa perbedaan mendasar antara Fuchsia dan Android. Salah satunya tentu di bagian tatap muka pengguna, kendati elemen ini terbilang terlalu mudah untuk dimodifikasi dan disebut sebagai proyek terobosan. Apapun itu, rencana pengembangan Fuchsia patut diacungi jempol dan tampaknya ini lebih dari sekadar eksperimen.

Hal ini diutarakan oleh pengembang Fuchsia, Travis Geiselbrecht melalui ruang chat IRC bahwa Fuchsia OS bukanlah mainan, ini bukan proyek kecil atau hal kecil yang tak dianggap penting lainnya.

Sebuah penegas yang ambigu memang, tapi kita harus bersabar menantikan apa sih yang ingin dihadirkan oleh Google lewat Fuchsia OS ini.