Sarung Tangan Robot Ini Bisa Membantu Anda Menggambar

Sarung Tangan berikut ini mungkin bisa menjadi solusi alternatif bagi Anda yang suka menggambar, terutama bagi yang mengalami kesulitan dalam menggambar sesuatu. Sarung tangan robot yang juga disebut sebagai “teacher” ini adalah temuan terbaru yang diberitakan oleh beberapa media minggu ini.

Berbicara tentang sarung tangan, orang-orang pasti berasumsi jika fungsi sarung tangan adalah sebagai pelindung tangan. Itu adalah asumsi dasar dari kegunaan sarung tangan. Padahal, banyak sarung tangan yang beralih fungsi menjadi sesuatu yang berdayaguna lebih. Seperti sarung tangan yang membantu dalam proses terapi pasien stroke.

Pada kesempatan kali ini, jatimtech akan berbagi informasi tentang sarung tangan yang mempunyai fungsi berbeda dari sebelumnya. Adalah sarung tangan robot, yang bisa membantu Anda untuk menggambar suatu objek. Sarung tangan robot dapat meningkatkan keterampilan menggambar penggunanya dengan menstimulasi beberapa gerakan yang berulang. Gerakan tangan yang berulang kemudian tanpa sadar masuk ke dalam meori otot tangan.

Sebenarnya sarung tangan robot ini dikembangkan sebagai bagian dari syarat kelulusan tesis oleh mahasiswa teknik dari Institut Desain Interaksi Copenhagen, Saurabh Datta. Sarung tangan pada awalnya dirancang untuk membantu penggunanya belajar bagaimana memainkan piano. Dalam tahap pengembangannya, sarung tangan dimodifikasi untuk mengajarkan penggunanya tentang cara menggambar melalui proses pengulangan.

sarung-tangan-robot
sarung tangan robot (gambar : wonderfulengineering)

Sarung tangan robot pada dasarnya “memaksa” penggunanya untuk mengeksekusi beberapa set tertentu untuk menggambar dengan melakukan gerakan berulang-ulang. Setelah gerakan ini dipelajari oleh jari-jari manusia, mereka dapat melakukan gerakan yang sama tanpa menggunakan sarung tangan.

Tujuan dibalik pembuatan sarung tangan robot adalah untuk memprogram sel-sel otot penggunanya. Sehingga garis yang ditarik dapat meningkatkan estetika dalam menggambar. Mungkin ada benarnya, jika beberapa orang kurang setuju dengan temuan sarung tangan robot ini. Karena sarung tangan ini akan menghambat proses kreatifitas seseorang saat menggambar.

Sarung tangan ini hanyalah prototipe (contoh model). Jadi besar kemungkinan jika sarung tangan robot tidak akan diproduksi secara massal untuk kemudian dijual di pasaran, setidaknya dalam waktu dekat ini.

Sumber : wonderfulengineering

DON'T MISS