Sarung Tangan Ini Dapat Menghajar Penyakit Stroke

Stroke merupakan penyakit yang menyerang fungsi saraf pada tubuh. Kebanyakan penderitannya adalah orang berusia lanjut dan terkadang juga anak remaja. Mengobati stroke memang tidak mudah, butuh pengobatan khusus dan terapi rutin untuk menyembuhkannya. Namun, sebuah penelitian dari Universitas Hertfordshire berhasil mengembangkan sebuah perangkat sarung tangan robotik untuk membantu penderita stroke dalam menjalani terapi.

Sarung tangan ini dioperasikan dengan software yang menghubungkan tangan dengan game. Game tersebut terdiri dari beberapa tingkatan yang dibuat untuk menstimulasi gerak tangan penderita stroke. Dari permainan ini akan muncul hasil terapi untuk memantau kemajuan dan untuk merancang program terapi selanjutnya.

Dr Farshid Amirabdollahian, seorang ahli robot untuk rehabilitas menyatakan bahwa “sarung tangan robot ini diciptakan untuk memotivasi penderita stroke agar cepat kembali pulih melalui terapi yang dilakukan sendiri di rumah.” Dia juga menambahkan bahwa “proyek ini telah diuji cobakan pada 30 pasien selama 100 menit setiap minggunya. Hasilnya sangat memuaskan, beberapa pasien menunjukkan kemajuan di tangan serta fungsi lengan mereka.”

Sekarang, tim pengembang dari sarung tangan ini sedang berjuang untuk meningkatkan performanya dan mencari dana agar sarung tangan robot tersebut dapat segera menyembuhkan penderita stroke.

Sarung-tangan-robotik
Sarung tangan robot (Gambar: cnet1.cbsistatic)

Sumber: CNet

DON'T MISS