Game

Saingi Twitch, Youtube Mau Buat Layanan Game Streaming

Youtube sudah terkenal dan menjadi situs layanan streaming video nomor satu di dunia. Namun tampaknya Youtube kurang puas dan ingin berada pada puncak tertinggi untuk layanan internet lainnya.

Dilansir Reuters (15/06/2015) mengutip blog resmi Google, Youtube berencana meluncurkan layanan game streaming bernama Youtube Gaming. Sama seperti layanan video streaming Youtube, layanan ini juga akan tersedia di situs web dan juga aplikasi mobile. Layanan ini khusus akan memuat game-game online yang setidaknya terdapat 25 ribu game dengan laman tersendiri dari berbagai judul.

Dalam layanan baru Google ini, para gamer bisa berlangganan ke kanal tertentu sama seperti Youtube, juga mendaftarkan game favoritnya ke dalam koleksi agar bisa diakses lebih cepat. Pencariannya juga akan langsung menuju game yang dicari pengguna, seperti saat mengetikkan “call”, maka Youtube Gaming akan menampilkan “Call of Duty”, bukannya “Call Me Maybe.”

Langkah Google membuat layanan game streaming ini sepertinya merupakan balasan Google terhadap Amazon. Pada tahun 2014 lalu, Amazon berhasil mengakuisisi Twitch senilai USD 970 juta mengalahkan Google. Perusahaan mesin pencari raksasa ini sepertinya tak terima dan membuat layanan serupa yang akan bersaing dengan Twitch yang kini dimiliki oleh Amazon.

Menanggapi rencana ambisius Google ini, Twitch sepertinya tak gentar dengan mengucapkan selamat datang kepada calon rivalnya melalui akun Twiter resminya @YouTubeGaming Selamat datang Player 2. Tambahkan saya di Google+. #kappa.” Bagi anda yang tidak mengetahui maksud dari emotikon #kappa, ini emotikon untuk menyampaikan sarkasme.

Selain itu VP marketing Twitch, Matthew DiPietro juga menyampaikan ucapan selamat datangnya kepada Youtube Gaming. “Kami menyambut kedatangan pendatang baru di daftar yang terus bertumbuh. Video game jelas-jelas merupakan pasar besar dan banyak yang mengincar,”

Mengenai tanggal rilisnya, Youtube berencana meluncurkan Youtube Gaming di dua negara sebagai pembuka yaitu Inggris dan Amerika Serikat. Game ini pun akan diluncurkan pada musim panas 2015.