Internet

Rosario Castellanos Sang Pujangga Meksiko Menjadi Google Doodle Hari Ini

JATIMTECH.com – Rosario Castellanos terpilih menjadi Google Doodle hari ini. Pasti banyak yang bertanya-tanya, siapakah Rosario Castellanos? Wanita berkebangsaan Meksiko ini adalah seorang pujangga sekaligus penulis terkenal. Sobat tentu tahu istilah pujangga ditujukan kepada seseorang yang menulis puisi. Ya, Rosario Castellanos adalah seorang penulis puisi asal Meksiko.

Walaupun berkebangsaan Meksiko, Rosario Castellanos ternyata lahir di Tel Aviv, ibukota Israel. Mengulas sedikit biografi Rosario Castellanos, pujangga cantik ini lahir pada tanggal 25 May 1925 dan meninggal pada 7 August 1974. Castellanos menjadi seorang penulis puisi paling penting di abad terakhir. Penyair wanita ini mulai menulis puisi setelah Perang Dunia II berakhir. Oleh karena itu, Rosario Castellanos termasuk dalam generasi 1950.

Sepanjang hidupnya, Rosario Castellanos sangat fasih menulis tentang isu-isu penindasan budaya dan jenis kelamin. Karyanya telah mempengaruhi teori feminis dan studi budaya. Meskipun Rosario Castellanos mati muda (49 tahun), namun Castellanos membuka pintu sastra Meksiko untuk perempuan, dan meninggalkan warisan yang masih bergema saat ini.

Memang sedikit fakta Rosario Castellanos yang bisa kita sampaikan. Namun karya-karya puisi Rosario Castellanos masih bisa kita baca. Untuk menghormati karya-karyanya, Google mempersembahkan gambar Doodle art Rosario Castellanos sebagai Google Doodles Today. Di mana hari ni, Rosario Castellanos berulang tahun yang ke 91 tahun.