Robot Pemadam yang Tidak Bisa Memadamkan Api

Mungkin bukan pertama kalinya Anda mendengar robot pemadam kebakaran. Karena di Indonesia sendiri sudah sering kita melihat robot rancangan mahasiswa yang dapat memadamkan api. Biasanya mahasiswa mengikutsertakan robot pemadam dalam sebuah kontes robot. Tapi, robot pemadam satu ini berbeda dengan robot pemadam lainnya. Robot ini tidak dapat memadamkan api.

Robot ini memang sengaja dirancang untuk tidak memadamkan api. Tetapi dapat berguna bagi petugas pemadam kebakaran yang sedang bertugas. Robot ini digunakan untuk memandu para petugas pemadam kebakaran untuk menunjukkan jalan saat memasuki gedung terbakar.

Para petugas bisa memanfaatkan robot sebagai rekan mereka. Dengan mengikatkan seutas tali pada robot pemadam. Petugas dapat dengan mudah mencapai lokasi kebakaran. Mungkin robot ini bisa disamakan dengan anjing polisi yang sanggup memandu polisi menemukan apa yang dicari.

Robot pemadam mempunyai kemampuan penglihatan yang luar biasa. Mereka dapat melihat objek di antara kepulan asap pekat. Hal seperti inilah yang tidak dapat dilakukan oleh manusia ataupun anjing. Karena penglihatan mereka sangat rentan terhadap asap pekat yang menyelimuti gedung. Dengan adanya robot pemadam ini, memungkinkan para petugas pemadam kebakaran mencapai titik api lebih cepat dari sebelumnya.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, robot ini telah diuji beberapa kali. Robot tersebut pernah diujicoba memasuki beberapa gua penuh asap di Jerman. Robot pemadam yang terikat berjalan mendekati sumber panas, dengan diikuti para petugas pemadam di belakangnya.

Robot navigator khusus kebakaran ini dirancang oleh para ilmuwan dari King College London and Sheffield Hallam University. Mereka mengatakan bahwa robot ini masih akan disempurnakan. Karena masih dalam tahap pengembangan, para peneliti ingin membuat robot dapat berkomunikasi dengan para petugas pemadam. Sehingga akan memudahkan petugas untuk memahami “kemauan robot”.

Proyek robot pemadam ini membutuhkan jangka waktu cukup lama agar hasilnya sesuai dengan yang ditargetkan. Para peneliti mengatakan, setidaknya butuh waktu lima tahun untuk membuat robot pemadam menjadi sempurna. Sebagai informasi tambahan, bahwa penelitian ini dapat dilakukan dengan bantuan dana dari Engineering and Physical Sciences Research Council (EPSRC).

Sumber : gizmag

DON'T MISS

Tulis Komentar