Home » Sains » Robot NAO yang Berprofesi sebagai CS Bank di Jepang

Robot NAO yang Berprofesi sebagai CS Bank di Jepang

robot-nao
robot nao (gambar : gizmag)

Nampaknya dunia perbankan tidak mau kalah dengan bidang lainnya. Karena baru-baru ini sebuah bank terkenal di Jepang dihebohkan oleh sebuah robot. Bank Mitsubishi UJF yang berpusat di Kota Tokyo ini mempekerjakan sebuah robot humanoid. Adalah robot NAO yang berprofesi sebagai CS (customer service) di Bank Mitsubishi UJF pusat. Sudah dua minggu robot NAO ini magang di bank tersebut sebagai customer service. Dan sepertinya bank tidak lagi merekrut karyawan manusia jika robot NAO ini dapat bekerja melebihi manusia, setidaknya sebagai customer service.

Robot NAO sejatinya telah lama diciptakan, yaitu pada tahun 2006. Dan kembali dimunculkan beberapa bulan yang lalu untuk membantu siswa di Swiss belajar menulis, atau yang kita kenal dengan robot penulis. Kali ini robot NAO kembali dimunculkan di tempat yang berbeda dengan keahlian yang berbeda pula. Selama dua minggu magang sebagai CS di Bank Mitsubishi UJF, robot NAO sangat membantu customer yang banyak melayangkan pertanyaan dan berbagai permintaan. Hebatnya, robot NAO ini menjawab semua pertanyaan dengan bahasa Cina, Jepang dan bahasa Inggris tentunya.

Sebelumnya, sudah ada beberapa robot yang ditugaskan untuk melayani pelanggan. Seperti robot Honda ASIMO dan robot Pepper. Namun kedua robot humanoid itu bekerja sebagai resepsionis. Robot NAO ini hanya memiliki tinggi 58 cm (23 inci). Dengan menempatkan sebuah pada sebuah alas berbentuk persegi yang terdapat di dalam box. Alas ini digunakan untuk mempermudah pergerakannya di atas meja. Serta untuk membantu penglihatan robot agar sejajar dengan customer yang berada di hadapannya.

Sumber : GizMag

 

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>