Home » Sains » Robot Mungil Ringo yang Bisa Mengajar Robotika

Robot Mungil Ringo yang Bisa Mengajar Robotika

robot-mungil-ringo
robot mungil ringo (gambar : gizmag)

Ukuran boleh kecil, tapi siapa sangka jika robot yang menyerupai binatang peliharaan ini ternyata dapat mengajarkan robotika. Adalah robot mungil Ringo yang mampu melakukannya dengan baik. Mereka yang beruntung adalah anak-anak tingkat sekolah dasar di Amerika Serikat. Robot mungil Ringo dapat melakukan dua fungsi bagi anak-anak, yaitu sebagai pengajar dan juga sebagai hewan peliharaan mereka di sekolah.

Robot mungil Ringo memiliki 3 aksis accelerometer dan 3 axis gyroscope built in. 6 RGB lampu dengan unsur suara piezo terintegrasi dan bot-to-bot comms nirkabel LED untuk membentuk segerombolan hewan robot. Didukung dengan tiga sensor untuk mendeteksi cahaya ambient untuk 360 derajat di sekitarnya, pemancar IR LED, 38 kHz TV penerima remote. Pada robot mungil Ringo juga terdapat variabel motor berkecepatan pager yang menghubungi permukaan sehingga robot Ringo bisa bergerak ke permukaan datar seperti meja.

Sebuah sensor cahaya dan sumber cahaya IR yang tersembunyi dibawah kedua antena peraba serangga robot mungil Ringo. Juga ada sensor lain di bagian belakang, yang memungkinkan untuk merasakan tepi atau mengikuti garis. Tujuannya agar dapat mengirim robot serangga ke labirin dengan tingkat kesulitan cukup tinggi. Robot mungil Ringo mendapat daya dari baterai Lithium-sel tunggal. Pada intinya adalah mikroprosesor yang sama dengan Arduino UNO, untuk dapat berjalan pada 8 MHz. Robot Ringo rencananya akan dipasarkan pada bulan Mei mendatang. Harga untuk setiap robot mungil Ringo adalah $ 89 USD (Rp 1.100.000).

Sumber : gizmag

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.