Sains

Robot Fetch dan Freight yang Berguna untuk Gudang

Fetch Robotics baru saja mengeluarkan dua buah robot yang sangat berguna untuk pergudangan. Kedua robot tersebut dinamakan robot Fetch dan Freight. Baik robot Fetch dan Freight, keduanya akan sangat membantu dalam mengerjakan pekerjaan gudang. Mereka dapat mengerjakan pekerjaan seperti packing barang yang sebenarnya dapat dilakukan oleh manusia. Hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan yang dimilki oleh manusia, sehingga beberapa perusahaan lebih nyaman menggunakan tenaga robot daripada manusia.

Robot Fetch dan Freight mungkin terdengar seperti pelengkap dalam pekerjaan gudang. Tetapi tujuan diciptakannya robot Ftech dan Freight adalah untuk membuat pekerjaan pengiriman barang menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Dirancang untuk industri logistik, tim robot terdiri dari basis ponsel dan manipulator canggih yang dapat bertindak baik sebagai unit statis atau mobile. Robot menggunakan open-source sistem operasi robot ROS. Termasuk sistem anti-collision yang dapat membantu robot untuk bekerja di sekitar manusia.

Tujuan dasar dari robot Fetch dan Freight adalah untuk mengambil alih tugas pick and pack (mengambil dan mengepak barang), serta pekerjaan gudang yang berulang lainnya. Sehingga pekerja dapat berkonsentrasi pada tugas-tugas yang lebih kompleks dan lebih berat. Selain itu, mereka dapat melaksanakan pekerjaan secara otomatis. Robot Fetch dan Freight ini dapat digunakan secara terus-menerus. Robot menggunakan baterai yang meminimalkan downtime. Dalam melaksanakan pekerjaannya, robot Fetch dan Freight ini dikontrol melalui sebuah aplikasi yang dinamakan Fetch.

Sumber : GizMag