Home » Sains » Robot Bedah Google akan Membantu Anda Saat Operasi

Robot Bedah Google akan Membantu Anda Saat Operasi

robot-bedah
robot bedah (gambar : wired)

Google beberapa tahun terakhir ini memang gemar mendanai sejumlah proyek robot humanoid (robot yang menyerupai manusia). Salah satu contohnya adalah robot Atlas yang sengaja dipersiapkan untuk situasi darurat, seperti bencana alam dan perang. Kali ini Google membocorkan proyek robot humanoid terbarunya, yaitu robot bedah.

Informasi tentang Google akan mendanai robot bedah memang baru saja berhembus. Tepatnya, sejak mereka menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan ternama dalam bidang medis “Johnson & Johnson”. Kabar ini dibenarkan oleh pihak Johnson & Johnson dalam sebuah sumber berita. Mereka membenarkan bahwa pihaknya sedang menjalin kerjasama dengan pihak Google untuk mengembangkan sebuah robot bedah.

Robot bedah ini nantinya akan difungsikan khusus pada saat operasi dan pasca operasi. Setidaknya, dengan adanya robot ini diharapkan akan sedikit banyak membantu tim medis dalam melakukan bedah pada tubuh manusia. Operasi invasif yang dilakukan robot juga akan membantu pasien dalam percepatan proses penyembuhan pasca bedah. Dengan kemampuan akses dan akurasinya, robot bedah diyakini dapat menurangi trauma pada bekas luka bedah.

Seperti kita ketahui jika robot bedah ini bukanlah robot pertama Google, melainkan robot kesekian kalinya. Sebelumnya juga pernah ada robot hewan, hasil kerjasama Google dengan Boston Dynamic. Google juga bukan satu-satunya yang mendirikan robot, karena kemarin Amazon juga mengumumkan akan mengeluarkan robot gudang yang memungkinkan robot untuk membantu dalam hal pergudangan.

Sumber : asia.pcmag

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>