Gadget

Ungkap Tuntas 7 Rahasia Kenapa Harga Xiaomi Bisa Murah!

Saat pertama kali Xiaomi muncul di Indonesia, Xiaomi banyak digandrungi oleh konsumen lantaran fitur yang dimiliki lengkap namun harga yang ditawarkan ternyata begitu murah dibandingkan dengan vendor yang lain.

Dibandingkan harus membeli smartphpone harga mahal dengan fitur lengkap, konsumen di Indonesia jauh lebih memilih smartphone kelas menengah ke bawah dengan harga murah dan fitur yang lengkap, salah satunya Xiaomi ini.

Mengingat larisnya penjualan Xiaomi di Indonesia, pasti terlintas di benak, kenapa harga Xiaomi bisa murah atau malah lebih murah dibandingkan dengan smartphone yang lain.

Alasan Harga Xiaomi Murah

1. Minimalis dalam Promosi atau Beriklan

Alasan yang pertama ialah karena Xiaomi minimalis dalam hal beriklan. Tentu saja vendor smartphone Xiaomi ini pernah beriklan, namun pasti sudah beda dalam masalah budget dengan smartphone yang lain. Contoh saja Samsung yang rela mengeluarkan uang habis-habisan untuk memasarkan produknya.

Xiaomi sendiri bisa dikatakan memiliki kencederungan untuk mengandalkan jaringan media sosial dan para penggemar mereka untuk mempromosikan atau memasarkan produknya. Melalui gembar-gembor via media sosial inilah yang membuat nama Xiaomi menjadi mencuat serta sekaligus membuat banyak orang menjadi penasaran.

Untuk penjualannya sendiri, Xiaomi juga lebih mengandalkan beberapa macam e-commerce yang tersedia, seperti Amazon, Flipkart dan Snapdeal untuk proses penjualan secara online. Sama halnya di Indonesia yang mana juga pada awalnya Xiaomi dijual secara online via Lazada.

Baca juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 4 Prime

2. Target ke Pasar Potensial

Xiaomi tak akan menjual smartphone kepada sebagian kecil pelanggan saja, melainkan akan terus tetap mencoba melakukan ekspansi ke negara lain yang memang dinilai potensial.

Negara potensial itu sendiri seperti :

  1. Brazil
  2. India
  3. Meksiko
  4. Rusia, hingga
  5. Indonesia

Dengan cara melakukan ekspansi dan ekspor produk ke luar negeri, tentu pendapatan Xiaomi akan lebih banyak lagi ketimbang harus berdiam diri di dalam negeri atau salah menarget pasar dan sasaran.

Walaupun memang keuntungan yang didapat itu sedikit karena harganya yang murah, tentu jika menggunakan skala basis konsumen yang membengkak, untung yang didapat tentu juga akan membengkak bukan? Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit!

Artikel serupa : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 3S

3. Dijual secara Terbatas

Teknik promosi yang dilakukan oleh Xiaomi ini sendiri sebenarnya cukup menguntungkan dan membuat gembira bagi si produsen dengan penjualan cepat secara terbatas.

Sebenarnya, memang banyak orang terlebih fans Xiaomi mengeluhkan dan mengkritik akan kebijakan yang dibuat oleh Xiaomi. Akan tetapi, opini fans berbeda dengan fakta di lapangan, yang mana dengan teknik penjualan terbatas ini, membuat smartphone Xiaomi semakin laku keras di pasaran.

Memang dengan adanya kebijakan ini, seluruh konsumennya tak bisa mendapatkan smartphone yang didambakan. Maka dengan inilah, pemangkasan produksi terjadi dan harga Xiaomi menjadi lebih murah.

4. Kerja Sama yang Bagus dengan Pemasok

Orang-orang yang memiliki jabatan tinggi di Xiaomi itu adalah pemain lama yang ada di dalam dunia teknologi. Salah satunya Hugo Bara yang saat ini menjabat sebagai Vice President Xiaomi.

Hugo Bara mengungkap jika dirinya memiliki kedekatan dengan para pemasok atau penyuplai untuk produknya, sehingga harga komponen untuk Xiaomi bisa lebih murah. Salah satu mitra Xiaomi adalah Qualcomm. Kerja sama antara Xiaomi dengan Qualcomm mampu membuahkan hasil yang bagus.

Sehingga, dengan adanya kedekatan antara Xiaomi dengan mitra lain inilah yang mampu membuat Xiaomi mendapatkan processor atau komponen lain dengan harga yang relatif murah.

Rekomendasi artikel : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5S

5. Toko Fisik

Langkah ini sendiri juga begitu efektif yang telah diambil oleh Xiaomi agar harga smartphone yang dijual menjadi murah meriah.

Dalam strategi penjualan yang dilakukan, Xiaomi itu sendiri malah tak memerlukan yang namanya distributor, reseller atau malah staf toko yang tiap hari harus buka.

Dengan strategi yang amat jitu inilah yang membuat perusahaan tak perlu berpikir lebih banyak sehingga biaya produksi dan harga jual bisa ditekan dengan sangat mulus.

Artikel terkait : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4

6. Pandai Membaca Situasi

Xiaomi ini terbilang memiliki orang marketing yang sangat amat pandai dalam membaca situasi dan kondisi pasar yang memang akan ditarget untuk mengekspor penjualan mereka, salah satu contohnya Indonesia.

Dengan cepat, Xiaomi menggempur Indonesia dengan produk unggulan yang dimiliki untuk tetap berjaya dan bersaing secara sehat dengan pemain lama di Indonesia, seperti Samsung.

Bahkan, di bulan Februari 2017 itu sendiri, Xiaomi mampu membuat produk smartphone made in Indonesia yang pertama kalinya, dinamakan dengan Xiaomi Redmi 4A yang hanya dibanderol dengan Rp 1.499.000 saja! Padahal, fiturnya cukup lengkap dan tangguh seperti dual SIM, hingga baterai ‘monster’ 3200 mAh.

7. Minimalis dalam Paket Penjualan

Bagi para pengguna Xiaomi atau yang sudah pernah membeli produk Xiaomi, tentu sudah tahu dengan komponen apa saja yang ada di dalam dus box pembelian tersebut.

Di dalam box tersebut terlihat tidak adanya headset dalam penjualan dan buku panduan yang super simple sehingga begitu efektif untuk bisa mengurangi atau menekan harga jual produk.