Home » Unik » Rahasia di Balik Barang Berlabel ‘Made in China’

Rahasia di Balik Barang Berlabel ‘Made in China’

Dompet made in china
Dompet made in china (Gambar: cdn)

Siapa yang tak kenal produk ‘Made in China’? Hampir semua barang yang ada di dunia pernah dibuat di negara tersebut. Bukan dibuat dalam bentuk aslinya, melainkan replika dari yang asli. Ya, Tiongkok bisa dikatakan negara paling kreatif dalam menciptakan suatu barang. Kreatif di sini dalam artian mampu membuat barang yang mirip dengan suatu produk, namun harga dan kualitas berbeda jauh.

Hal ini membuat penasaran beberapa orang seperti Brunisholz dan Anaide Davoudlarian yang sedang magang di sana. Mereka sampai rela menghabiskan waktu selama enam bulan untuk magang sambil mencari tahu bagaimana proses pembuatan barang di Tiongkok.

Mungkin Anda penasaran, bagaimana negara ini hobi menduplikat sebuah benda. Ini bukan rahasia umum lagi. Bahkan, kebanyakan warga Tiongkok berprofesi sebagai pembuat barang tiruan. Pekerjaan yang bisa terkena pidana ini biasanya dikerjakan oleh tangan manusia. Warga Tiongkok banyak yang dijadikan buruh untuk bekerja lembur dengan gaji rendah. Namun, pekerja di sana tergolong perkasa. Pasalnya, pekerjaan yang normalnya dikerjakan sepuluh orang, di Tiongkok dapat dikerjakan oleh satu orang saja.

Besar pasak daripada tiang, sepertinya menjadi pedoman yang dianut oleh atasan buruh di Tiongkok. Orang-orang di sana tidak peduli dengan kualitas ataupun hak cipta dari suatu produk. Jika ada produk luar negeri yang melejit di pasaran, produsen di Tiongkok akan segera menirunya dan menjualnya lebih murah.

Brunisholz dan Anaide tidak menyangka bahwa industri kaos kaki rumahan saja dapat masuk ke pasar internasional. Bahkan, sebanyak 10.000 pabrik kaos kaki di Tiongkok, merupakan pemasok sepertiga kaos kaki di dunia. Ini hanya kaos kaki saja, belum perangkat elektronik maupun produk lain yang juga menghiasi dunia perdagangan di seluruh dunia.

Apakah Anda suka dengan pekerjaan warga Tiongkok?

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>