Home » Tech News » Qualcomm Umumkan Snapdragon 845, Xiaomi Akan Jadi yang Pertama

Qualcomm Umumkan Snapdragon 845, Xiaomi Akan Jadi yang Pertama

Pada pertemuan tahunan kedua Snapdragon Technology Summit hari Selasa di Hawaii, Qualcomm mengumumkan chipset Snapdragon 845 sebagai prosesor mobile kelas atas terbaru. Chip baru ini dirancang untuk memberi kekuatan pada berbagai flagship Android generasi mendatang yang akan diluncurkan pada tahun 2018. Xiaomi Mi 7 adalah yang pertama mengumumkan kesiapan menjadi yang pertama, sementara perusahaan seperti LG dan Samsung menyusul kemudian.

Alex Katouzian, Wakil Presiden Senior dan General Manager Mobile untuk Qualcomm Technologies, menyatakan bahwa Snapdragon 845 akan menjadi penerus Snapdragon 835 yang diresmikan di CES 2017 pada bulan Januari lalu. Chip tersebut akan menyertakan modem LTE X20 terbaru yang menawarkan konektivitas gigabit pada jaringan yang didukung. Selain itu, ia akan dikembangkan dalam kemitraan bersama Samsung Foundry.

Qualcomm Umumkan Snapdragon 845, Xiaomi Akan Jadi yang Pertama

CEO Xiaomi, Lei Jun juga bergabung di atas panggung. Jun, pendiri dan CEO Xiaomi, memastikan bahwa smartphone Mi andalan berikutnya akan didukung oleh Snapdragon 845. “Xiaomi berkomitmen untuk membuat perangkat yang menggabungkan inovasi terdepan dalam teknologi dan desain yang indah sambil menentang ekspektasi harga, dan kami telah memilih Snapdragon 845 untuk menjadi dapur pacu smartphone andalan selanjutnya.”

LG juga hadir di acara itu, tapi perusahaan asal Korea Selatan tersebut belum mengungkapkan rincian resmi apapun.

Beberapa laporan awal mengklaim bahwa Qualcomm akan menggunakan proses pembuatan 7nm untuk meracik Snapdragon 845. Namun, mengingat berbagai kemajuan perangkat lunak dan tingkat perangkat keras yang diperlukan untuk mendukung teknologi semikonduktor yang lebih kecil, chip baru ini kemungkinan akan mempertahankan proses 10nm seperti di Snapdragon 835. Ada spekulasi bahwa chip baru ini akan memiliki efisiensi daya yang lebih baik dari pendahulunya untuk menghasilkan masa pakai baterai yang lebih baik pada perangkat keras baru.

Spesifikasi dan fitur Snapdragon 845 diperkirakan akan diumumkan pada hari Rabu waktu setempat. Namun perangkat dengan chip baru ini sepertinya tidak akan diluncurkan hingga Januari 2018.