Internet

Proyek Satelit Facebook Batal Gara-gara Kemahalan

Dalam menggeber proyek internet gratis Internet.org di negara-negara berkembang dan daerah terpencil, Facebook berencana menerbangkan satelit sendiri ke angkasa. Namun sayangnya, proyek ini harus batal karena biaya yang terlalu tinggi dari perkiraan Facebook.

Dalam membangun satelit, Facebook dituntut harus mengucurkan biaya sekitar USD 500. Angka itu belum termasuk biaya operasional yang juga membutuhkan biaya yang kurang lebih sama dengan biaya pembangunannya. Dengan angka yang sedemikian fantastis, maka Facebook urung membangun satelit sendiri dan lebih memilih untuk mencari solusi alternatif.

Meski tanpa satelit sendiri, Facebook seperti dilansir dari Softpedia (12/06/2015) akan tetap berjuang dengan misi Internet.org dengan mencoba sarana lain yang bisa mendukung misi ini. Menurut lansiran lain dari The Information, Facebook sedang mempertimbangkan untuk menyewa satelit yang memang menjadi alternatif yang lebih murah dari pada harus membuat dan mengoperasikan satelit sendiri.

Bukan hanya Facebook, Google sendiri sebenarnya memiliki misi yang kurang lebih sama dengan Facebook bernama Loon, sebuah proyek untuk menyediakan akses internet di daerah terpencil dengan menerbangkan balon udara. Namun dilema yang sama juga menghantui perusahaan mesin pencari raksasa ini.