Home » Sains » Project Sunroof, Alat Baru Google Dalam Memetakan Potensi Energi Matahari

Project Sunroof, Alat Baru Google Dalam Memetakan Potensi Energi Matahari

project-sunroof
Project Sunroof (Gambar : Tech Times)

Jatimtech.com – Google Carl Elkin baru saja meluncurkan alat online baru untuk pemetaan potensi energi matahari. Alat baru Google tersebut dinamakan Project Sunroof, sebuah alat yang mampu mendeteksi potensi energi matahari yang berada di planet. Project Sunroof dari Google Elkin ini bekerja melakukan pemetaan udara dengan resolusi tinggi. Alat tersebut berguna untuk menghitung potensi energi surya dari atap rumah penduduk, seperti yang dilansir dari Google Green (17/8/2015).

Menurut kabar, Project Sunroof ini tengah diujicoba di tiga tempat, yaitu San Fransisco, Fresno, dan Boston. Alat pemetaan energi ini menggunakan teknologi yang sama dengan teknologi yang digunakan oleh Google Earth. “Saya selalu terkejut betapa banyak orang yang saya temui yang berpikir bahwa ‘atap saya tidak cukup cerah untuk solar,’ atau ‘matahari terlalu mahal.” Ungkap Elkin dalam postingan sebuah blog. Elkin menambahkan bahwa “Tentu saja banyak dari mereka yang kehilangan kesempatan untuk menghemat uang dan menjadi hijau.”

Bagi para penduduk yang berada di tiga daerah pengujian Project Sunroof, mereka bisa mengunjungi situs Project Sunroof dengan memasukkan alamat situs. Dengan demikian mereka bisa menambahkan panel surya untuk rumah mereka masing-masing. Penduduk juga dapat memperkirakan berapa banyak energi matahari yang bisa tersimpan melalui atap rumah mereka. Hingga saat ini Google belum mengabarkan sampai kapan project pemetaan energi matahari tersebut akan dilakukan.

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>