Home » Sains » Pohon Turbin Angin Pembangkit Listrik, Harganya 462 Juta

Pohon Turbin Angin Pembangkit Listrik, Harganya 462 Juta

Pasti Anda pernah mendengar pembangkit listrik tenaga angin. Ya, pembangkit listrik yang satu ini menggunakan angin sebagai sumber energi. Mungkin Anda pernah mendengar pohon turbin angin pembangkit listrik. Pohon unik ini sekilas memang tampak seperti pohon biasa, namun pohon ini sebenarnya adalah pohon buatan manusia.

Para pendatang ataupun penduduk setempat yang pertama kali melihatnya pasti akan pangling dengan pohon buatan ini. Karena kalau dilihat dari kejauhan pohon ini tampak alami, seperti pohon-pohon lain yang ada di taman.

Pohon turbin angin pembangkit listrik sejatinya merupakan pohon buatan dimana pada bagian daun terdapat turbin angin yang berbentuk seperti daun ara. Daun turbin dari pohon tersebut dapat menghasilkan angin yang bisa dijadikan sebagai pembangkit listrik.

Turbin angin atau kincir angin sangat identik dengan kota Amsterdam, Belanda. Namun, pohon turbin angin pembangkit listrik hanya ada di Perancis. Lebih tepatnya di kota-kota besar yang membutuhkan banyak energi untuk menghidupkan lampu-lampu perkotaan seperti Paris, ibukota Perancis.

pohon-turbin-angin-pembangkit-listrik-harganya-462-juta

abre a veint (gambar : sympatico)

Memang energi yang dihasilkan dari pohon turbin angin pembangkit tenaga listrik ini tidak sebesar kincir angin besar yang biasa kita lihat di Amsterdam. Tapi, tenaga angin dari pohon turbin buatan ini cukup untuk membantu penerangan kota. Selain itu, pohon turbin angin pembangkit listrik juga dapat mempercantik suasana sekitar kota.

Pencipta pohon turbin angin pembangkit listrik ini adalah Jérôme Michaud-Larivière. Beliau adalah seorang pengusaha berkebangsaan Perancis sekaligus pendiri The French Company New Wind.

Sebuah ide yang sangat cemerlang bagi pengusaha asal Perancis tersebut. Dia mempunyai pemikiran bahwa pohon buatan tersebut dapat mengadopsi listrik yang dapat menjangkau seluruh kota. Dengan memanfaatkan angin rendah yang berhembus di sekitar bangunan dan jalanan kota.

Cara kerja dari pohon turbin angin pembangkit tenaga listrik cukup sederhana. Dalam satu pohon terdapat 72 daun buatan yang berfungsi sebagai mikro turbin. Mikro turbin tersebut berputar pada sumbu vertikal yang terdapat pada tiap-tiap pangkal daun. Hingga pada akhirnya, daun turbin mengkonversi tenaga angin menjadi listrik.

Pohon turbin angin pembangkit listrik sengaja dirancang untuk memanfaatkan angin yang lebih lembut. Para pengembang mengatakan jika pohon angin ini mampu memanfaatkan angin yang bertiup selambat 2 meter per detik.

Sehingga pohon turbin dapat digunakan lebih dari 280 hari dalam setahun. Sebagai tambahan informasi, pohon turbin angin pembangkit listrik ini mempunyai output daya sebesar 3,1 kW.

pohon-turbin-angin-pembangkit-listrik-harganya-462-juta

new wind (gambar : toutvert)

Material pohon turbin angin pembangkit listrik terbuat dari baja untuk kerangka pohonnya. Baja setinggi 11 meter dan diameter 8 meter itu dilengkapi dengan kabel dan generator yang diintegrasikan ke dalam daun dan cabang pohon.

Pohon-pohon tersebut kemudian dihubungkan pada bangunan sekitarnya melalui switchboard (papan penghubung). Atau bisa juga menggunakan inverter yang dihubungkan dengan jaringan listrik yang ada di sekitar pohon angin tersebut.

Pohon angin atau di Perancis disebut Arbre à Vent rencananya akan diuji di Paris pada bulan Maret 2015. Lebih dari 40 unit pohon turbin angin pembangkit listrik dijadwalkan akan dipasang di seluruh Perancis pada bulan September 2015.

Bagi Anda yang menginginkan pohon turbin angin pembangkit listrik agar bisa dipasang di rumah Anda, sepertinya Anda harus lebih bersabar. Karena New Wind sebagai perusahaan pemasar pohon angin masih akan memproduksinya secara massal pada 2016. Dengan harga yang cukup mahal, yaitu $ 35.000 USD untuk setiap pohonnya, atau setara dengan Rp 462 juta.

Sumber : gizmag

Have your say!

0 0