Tech News

Update 5.0 Hadir, PlayStation 4 Sekarang Mendukung Bahasa Indonesia

Sony resmi meluncurkan update firmware 5.0 untuk perangkat konsol terkininya, PlayStation 4. Pembaruan bernama “Nobunaga” ini, Sony membawakan beberapa fitur baru dan dukungan konten yang terasa spesial bagi penggemar PS4 di tanah air, karena kini konsol asal Jepang itu bisa berbicara dalam bahasa Indonesia.

Sony menghadirkan menu dalam bahasa Indonesia yang diterjemahkan secara utuh. Dan berdasarkan pantauan, hasil terjemahan yang digunakan cukup baik sehingga Anda tak harus khawatir akan dibuat bingung.

“Selamat Datang Kembali di PlayStation. Siapa yang sedang menggunakan controller ini?” Ini salah satu kalimat terjemahan yang hadir di PS4 Update 5.0.

Salah satu yang belum bisa dirasakan oleh pengguna di tanah air adalah fitur kontrol suara yang belum bisa menerima input dalam bahasa Indonesia. Padahal dukungan kontrol suara sudah lama ada sejak pertama konsol tersebut dilluncurkan.

Selain bahasa Indonesia, update firmware Nobunaga ini menghadirkan dukungan bahasa lain, seperti Ceko, Yunani, Hungaria, Rumania, Thailand, dan Vietnam.

Peningkatan lainnya menyasar sektor PSN, di mana kini pengguna bisa menjadikan pengguna dewasa lain untuk membantu meningkatkan kendali perangkat melalui fitur parental control. Secara khusus fitur ini membantu para orangtua untuk mengendalikan waktu bermain anak-anaknya.

Selain itu, ada juga peningkatan dari sistem pesan, notifikasi, quick menu, dan beberapa hal kecil lainnya. Firmware PS4 5.0 Nobunaga ini sudah bisa diunduh mulai hari ini, Rabu (4/10/2017) secara gratis. Besar file unduhan mencapai sekitar 375 MB.