Penyebab Internet Indonesia Lambat, Ini Kata Mark Zuckerberg

Beberapa hari yang lalu pendiri Facebook, Mark Zuckerberg berkunjung ke Indonesia. Di kunjungan singkatnya tersebut Mark berkunjung ke beberapa tempat wisata di Indonesia serta menghadiri sebuah acara lokakarya yang diadakan oleh Internet.org.

Dalam sebuah sesi tanya jawab Internet.org tersebut Mark mengatakan bahwa lambatnya koneksi internet di Indonesi disebabkan oleh kurangnya efisiensi.

Mark yang notabene masuk ke jajaran orang terkaya di dunia ini menyarankan agar para penyedia konten di Indonesia untuk lebih memaksimalkan penggunaan bandwith. Penyedia konten diharapkan agar sebisa mungkin mengkompresi file data agar penggunaan bandwith tidak terlalu besar.

Dalam acara tersebut, Internet.org dan Facebook menghimbau kepada seluruh penyedia konten untuk membuat aplikasi yang lebih hemat data sehingga proses loading lebih cepat dan data tidak boros data.

Dikutip dari KompasTekno, hadir pula Presiden Direktur XL Indonesia Hasnul Suhaimi. ” Punya handphone, jaringan, dan aplikasi, apakah pengalaman pengguna langsung bagus? Kalau dulu, zamannya voice dan SMS, bisa langsung bagus. Sekarang belum tentu karena ada macam-macam protokol yang tidak match,” ungkap Hasnul Suhaimi.

Sekali lagi memang, masalah efisiensi bandwith ini adalah sebuah masalah klasik yang menjadi sangat penting bagi penggunaan internet di Indonesia dan harus segera diambil tindakan yang nyata. Sebuah tugas yang tidak mudah memang mengingat tidak meratanya infrastruktur, peraturan, dan minimnya dukungan pemerintahan di bidang internet.

DON'T MISS

Tulis Komentar