Tech News

Penelitian Membuktikan Pengguna Android Lebih Setia Ketimbang iOS

Setiap platform mobile akan mengikat penggunanya ke dalam aplikasi, layanan dan ekosistemnya. Itu sebabnya mengapa Anda perlu memikirkan dengan baik platform mobile apa yang ingin Anda gunakan. Pilihan Anda sejauh ini tak terlalu rumit, antara iOS dan Android.

Namun, jika menyangkut loyalitas platform, tampaknya meskipun penggemar Apple dikenal karena passion dan isi kantong mereka, sebuah studi yang dilakukan oleh Consumer Intelligence Research Partners menemukan bahwa pengguna Android ternyata lebih setia daripada pengguna iOS.

Penelitian Membuktikan Pengguna Android Lebih Setia Ketimbang iOS

Seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di atas, pengguna IOS sebagian besar lebih loyal daripada pengguna Android di kisaran tahun 2014. Namun selama bertahun-tahun pengguna Android mulai berubah menjadi lebih loyal terhadap platform, sampai pada titik di mana pada bulan Desember 2017, loyalitas untuk pengguna Android ada di angka 91% versus iOS di angka 86%.

Tidak jelas mengapa pengguna Android lebih loyal daripada pengguna iOS, atau apa yang mendorong peralihan tersebut. Ada kemungkinan bahwa dengan OEM yang sekarang mulai menggabungkan versi Android yang lebih bersih dan versi custom di ponsel mereka sehingga pengguna merasa lebih yakin dan nyaman. Atau mungkin juga karena iPhone semakin mahal, sehingga pengguna Android semakin tak berminat untuk pindah ke lain hati. Atau juga karena Android semakin menawarkan lebih banyak pilihan.