Home » Tech News » Peneliti Temukan Data Menakutkan Dari Kekuatan Superflare

Peneliti Temukan Data Menakutkan Dari Kekuatan Superflare

Peneliti Temukan Data Menakutkan Dari Kekuatan Supeflare (Gambar: techtimes)
Peneliti Temukan Data Menakutkan Dari Kekuatan Supeflare (Gambar: techtimes)

JATIMTECH.com – Beberpa hari lalu seorang peneliti ruang angkasa menemukan fakta menakutkan dari sebuah data yang mana dapat menghasilkan superflare. Fenomena ini (superflare) mempunyai kekuatan ledak yang sangat kuat, tentunya dapat membuat kehidupan di planet ini sirna seketika. Kekuatan superflare ini sendiri mempunyai energi sepuluh ribu kali lebih tinggi dari jilatan api yang ada di permukaan matahari, dilansir dari Techtimes, Senin (28/03/2016).

Christoffer Karoff, seorang peneliti dari Aarhus University, Denmark, mengatakan superflares kecil mungkin sudah menghantam Bumi ribuan tahun yang lalu. Hal ini terbukti dari sebuah data yang menunjukkan bahwa matahari telah menghasilkan superflare kecil di AD 775, dan AD 993.

Data dari China Guo Shou Jing teleskop, yang Karoff dan rekan-rekannya yang digunakan ini sangat mendukung teori bahwa di AD 775 telah terjadi superflare kecil.

Dengan itu data itu, matahari harus mengalami superflare kecil setiap milenium atau 1.000 tahun sekali. Dan apabila data ini benar maka Bumi benar-benar dalam bahaya sekarang ini, karena genap 1000 tahun akan terjadi superflare ini.

Superflare pertama kali dideteksi oleh seorang astronom empat tahun lalu. Saat itu, para astronom belum memahami mekanisme di balik fenomena yang menakutkan itu, namun sekarang, mereka percaya superflares secara teoritis yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu dan akan terulang lagi dengan sekala ribuan kali lipat lebih kuat dari jilatan api matahari.

Bagi sobat yang penasaran dengan penelitian inni dapat langsung kunjungi jurnal yang sudah diterbitkan di Journal Nature Communications.

Saya adalah seorang mahasiswa yang lagi belajar menulis, jadi untuk lebih membangun dan memperbaiki tulisan saya, mohon kritik dan saran dari Anda. Terimakasih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>