Home » Software » Peneliti Kembangkan Versi Gratis dari Apple Siri?

Peneliti Kembangkan Versi Gratis dari Apple Siri?

Peneliti Kembangkan Versi Gratis dari Apple Siri.
Microsoft Cortana (Gambar: Nayyar/Flickr)

Para peneliti saat ini sedang mengembangkan versi open source dari program asisten digital yang bernama Sirius. Asisten digital yang dikembangkan ini diharapkan bisa bersaing software sejenis seperti Apple Siri atau Microsoft Cortana .

Dilansir JatimTech, Minggu (15/3/2015) dari Venture Beat, para peneliti dari Universitas Michigan telah mempresentasikan Sirius pada forum International Conference on Architectural Support for Programming Languages and Operating Systems di Turki.

“Program Sirius dapat mengimplementasikan fungsionalitas dari IPA (intelligent personal assistant) atau asisten cerdas pribadi, seperti  pengenalan suara, pencocokan gambar, pengolahan bahasa alami dan sistem tanya-jawab,” tulis para peneliti dalam makalahnya.

Dibuatnya program asisten digital gratis ini tentu bisa menimbulkan gairah bagi para developer untuk mengembangkan aplikasi sejenis yang saat ini masih didominasi para raksasa software layaknya Apple, Microsoft, dan Google.

Lebih lanjut, dalam makalah Sirius tersebut, peneliti juga menunjukkan  tipe server chip apa yang paling bagus untuk menangani kinerja Sirius.

“Kami menunjukkan bahwa  GPU dan server FPGA-accelerated dapat meningkatkan latency permintaan rata-rata sebesar 10x dan 16x,” tulis mereka.

Simak video demonstrasi Sirius oleh mahasiswa doktoral Universitas Michigan, Johan Hauswald pada command line interface berikut ini.

Sumber: Venture Beat

Written by
Murdianto adalah lulusan sarjana Informatika. Memiliki ketertarikan di bidang software aplikasi mobile maupun desktop.