Home » Internet » Mesin Pencari » Duh, Gara-gara Ganja – Wikipedia Diblokir

Duh, Gara-gara Ganja – Wikipedia Diblokir

pemblokiran-wikipedia
Pemblokiran Wikipedia (Gambar : Starmine News)

Jatimtech.com – Situs ensiklopedia populer, Wikipedia mendapatkan kabar yang kurang baik. Diberitakan bahwa situs yang berisi informasi terlengkap ini telah diblokir. Dilansir dari PC Mag (26/8/2015), disebukan jika kasus pemblokiran Wikipedia ini disebabkan sebuah artikel yang memuat tentang ganja. Pada artikel tersebut dimuat bentuk asli dari ganja yang merupakan tanaman terlarang di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Kasus pemblokiran Wikipedia yang terjadi di negara Rusia ini berawal dari postingan artikel tentang ganja yang kemudian diedit oleh pemerintah Rusia. Artikel tentang ganja ini mengalami perubahan konten dengan alasan melanggar undang-undang yang berlaku di Rusia. Awalnya pemerintah Rusia tidak bertujuan untuk memblokir Wikipedia secara keseluruhan. Melainkan hanya merubah satu artikel yang memuat tentang ganja. Akan tetapi karena mereka tidak bisa memblokir hanya pada satu artikel saja, akhirnya pemerintah Rusia sepakat untuk memblokir situs Wikipedia secara keseluruhan.

Perlu diketahui bahwa Wikipedia bukanlah satu-satunya situs yang diblokir di Rusia. Sebelumnya Reddit juga telah diblokir oleh ISP Rusia karena masalah yang sama, yaitu membuat postingan tentang narkoba. Menanggapi peristiwa pemblokiran tersebut, hingga kini tidak ada komentar ataupun klarifikasi dari pihak Wikipedia. Menururt Human Rights Watch, Rusia memang mengintensifkan tindakan keras terhadap masyarakat sipil, media dan internet sejak tahun 2014 lalu. Mungkin inilah yang menyebabkan pihak Wikipedia memilih untuk tidak berkomentar tentang pemblokiran situsnya.

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>