Patung Budha ini Berisi Mumi Berumur 900 Tahun

Patung Budha merupakan salah satu simbol keagungan umat beragama Budha. Patung Budha termasuk mahakarya seni ukir yang dibuat oleh manusia. Namun, tidak hanya memiliki nilai seni yang tinggi, ternyata patung Budha juga dijadikan sebagai pengawetan mumi.

Dilansir dari io9 (21/2/2015), beberapa waktu lalu tepatnya di Museum Drents, Belanda, dipamerkan sebuah patung Budha yang mengagumkan. Pasalnya, patung Budha tersebut berisi sebuah mumi yang diperkirakan sudah berumur 900 tahun.

Patung Budha ini memang tampak seperti patung Budha biasa. Setelah beberapa ahli memeriksa patung di musim tersebut dengan mesin CT scan, terlihat mumi tersembunyi di dalamnya. Belum diketahui secara pasti, tentang adanya mumi di dalam patung Budha. Yang jelas, penemuan patung Budha berisi mumi ini adalah yang pertama kalinya berada di luar Tiongkok.

Menurut Museum Drents, patung Budha tersebut berisi mayat seorang biarawan yang hidup sekitar tahun 1100. Jika dilihat dari keunikan mumi tersebut, mungkin patung Budha ini contoh dari mumifikasi (pengawetan mayat) zaman dulu.

Proses mumifikasi itu sendiri terjadi pada suhu panas dan kering sehingga tubuh akan terdehidrasi dengan cepat. Mumifikasi terjadi pada 12-14 minggu. Jaringan tubuh yang diawetkan akan berubah menjadi keras, kering, berwarna coklat gelap, berkeriput, dan tidak akan membusuk.

Bila dilihat dari penemuan mumi tersebut, sepertinya seseorang yang dimumifikasi ini merupakan orang terpandang di zamannya. Untuk menghormatinya, orang-orang zaman dulu berusaha mengawetkan tubuhnya di dalam sebuah patung Budha.

DON'T MISS

Tulis Komentar